Ini Rekor Ansu Fati Usai Bawa Spanyol Kalahkan Ukrania 4-0

By Abdi Satria


nusakini.com-Madrid-Penyerang muda Barcelona mencatat rekor usai membawa timnas Spanyol  mengalahkan Ukraina 4-0 pada lanjutan UEFA Nations League Liga 1 Grup 4 di Alfredo di Stefano Stadium, Senin (7/9) dini hari WIB.

Rekor itu adalah dia memecahkan rekor baru di Timnas Spanyol. Setelah 95 tahun, gelar pencetak gol termuda Tim Matador jadi milik Ansu Fati di usia 17 tahun dan 311 hari.

Ansu Fati mengalahkan rekor Juan Errazquin yang membuat gol ke gawang Swiss pada 1925 saat berusia 18 tahun dan 344 hari. Ini adalah rekor kedua beruntun Ansu Fati setelah saat melawan Jerman, dia jadi pemain termuda yang melakukan debut di timnas. 

Pada pertandingan itu, Ansu Fati jadi starter bareng Dani Olmo dan Ferran Torres,Kepercayaan Luis Enrique itu dibayar tuntas oleh Ansu Fati lewat performa apik di atas lapangan. Selama 90 menit bermain, Ansu Fati membuat enam attempts, dua on goal, dua kali membuat peluang, enam kali dribel, dan 10 sentuhan di kotak penalti lawan

Gol pertama Spanyol di menit kedua lewat penalti Sergio Ramos juga karena andil Ansu Fati yang menusuk ke area terlarang dan dilanggar pemain lawan. Sempat diselingi gol kedua Ramos, Ansu Fati tak mau ketinggalan. 

Pemain didikan akademi Barcelona itu membuat gawang Ukraina bergetar pada menit ke-32 lewat sepakan melengkung ke pojok kanan bawah dari luar kotak penalti. Spanyol unggul 3-0 di babak pertama dan menambah satu gol lagi lewat Torres di menit ke-84. (d/ab)