Ini Kondisi Stok Beras, Ayam dan Daging Sapi Sambut Ramadhan dan Idul Fitri

By Admin


nusakini.com - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian mencatat, kebutuhan dan ketersediaan pangan di Indonesia menjelang Ramadhan dan Idul Fitri (Juni-Juli 2016) :

1. Beras tiap tahun sekitar 32-33 juta ton, sedangkan produksi dalam negeri mencapai 46 juta ton beras, artinya sudah lebih dari cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. 

2. Ayam dan telur ketersediaan masing-masing sebanyak 493.985 ton dan 503.750 ton, sedangkan kebutuhannya hanya sekitar 217.144 ton dan 253.634 ton, sehingga dipastikan masih ada surplus. 

3. Sedangkan untuk daging sapi, kebutuhan nasional sebanyak 674.690 ton. Sementara produksi dalam negeri hanya 439.530 ton. 

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Gardjita Budi, di Jakarta beberapa waktu yang lalu mengungkapkan, khusus untuk stok daging sapi, Gardjita mengakui, memang ada kebiasaan masyarakat yang mengonsumsi daging pada hari raya, sehingga akan terjadi peningkatan permintaan. Dengan demikian, masih perlu tambahan pasokan daging untuk bisa memenuhi kebutuhan dengan impor. 

"Impor dilakukan terbatas dan terukur. Proses impor pun tidak lagi bisa dilakukan oleh pihak swasta tetapi dilakukan Bulog," tutup Gardjita.(if/mk)