Ini Kapal, Helikopter dan Pesawat Buatan Indonesia yang Mulai Dilirik Dunia

By Admin


nusakini.com - Produk Indonesia semakin diakui kualitasnya oleh dunia. Hal tersebut terbukti dengan beberapa negara yang telah memesan produk jenis kapal, helikopter hingga pesawat dari PT Dirgantara Indonesia (DI) serta PT PAL. 

Selain PT DI, banyak produk BUMN yang membuat mata dunia terbelalak. Berikut penjelasannya. 

1. Vietnam kepincut pesawat CN295 

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut bahwa Vietnam berminat membeli pesawat jenis CN295 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia. 

"Tadi kami melanjutkan pembicaraan rencana pembelian CN295," ujar JK seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri Vietnam Trinh Dinh Dung di sela-sela World Economic Forum (WEF) on ASEAN 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia. 

Namun Wapres tidak menjelaskan secara teknis tentang rencana pembelian pesawat tersebut, termasuk mengenai jumlah unit. 

2. Senegal minat kapal feri dan helikopter Indonesia 

Inspektur Jenderal Polisi Kementerian Dalam Negeri Senegal mengaku tertarik dengan beberapa produksi industri strategis Indonesia seperti helikopter produksi PT Dirgantara Indonesia dan kapal feri buatan PT PAL. 

Senegal membutuhkan kapal feri dan helikopter untuk keperluan militer serta transportasi VIP jarak dekat antar kota. Keterangan ini didapat dari KBRI Senegal. 

3. Ekspor badan helikopter ke Perancis 

PT Dirgantara Indonesia (DI) mengirimkan badan (fuselage) yang kelima untuk helikopter H225/H225M Airbus di Prancis. Helikopter H225/H225M yang sebelumnya dikenal dengan nama EC225/EC725 merupakan helikopter generasi baru dari helikopter NAS332 Super Puma. 

Manager Program MK II Airbus Helicopter, Yulianto Soekarno mengatakan, komponen terasembeli yang kelima yang mana 'upper' dan 'lower' badan helikopter H225/H225M (Military) yang telah terintegrasi. 

Pengiriman badan helikopter H225/H225M merupakan pengiriman ke kelima dari total sebanyak 125 unit yang harus dikirimkan oleh PT DI hingga akhir kontrak di tahun 2025. 

4. Pesawat CN235-220 dibeli Belgia 

Pesawat terbang serba guna buatan PT Dirgantara Indonesia (DI) dibeli oleh Belgia. Salah satu negara eropa ini kepincut membeli dua pesawat seharga puluhan juta dollar tersebut. 

"PT Dirgantara Indonesia sudah penandatanganan kontrak pembelian pesawat, dengan perusahaan Finance AD Trade Ltd dari Belgia. Ada 2 unit pesawat CN 235-220 yang satunya (harga)sekitar 22 juta USD," kata staf pemasaran PT DI,Teguh Graito di JIExpo Kemayoran Jakarta, Kamis (6/11). 

Dia menyatakan pesawat ini mempunyai banyak keunggulan. Pintu belakang yang lebar memungkinkan untuk mengangkut pasukan dan berbagai macam barang.(ifm/mk)