Ini Empat Langkah Pertamina Cegah Krisis BBM Saat Arus Balik

By Admin

nusakini.com--PT Pertamina (persero) telah menyiapkan empat langkah guna memberikan rasa nyaman pada arus balik Lebaran 2016.Hal ini diungkap Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro di gedung National Traffic Management Centre (NTMC) Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (7/7).

Wianda memastikan, bagi para pemudik yang akan menggunakan kendaraan tidak lagi mengalami kesulitan mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM). 

"Ada empat langkah Pertamina, berkoordinasi dengan Kepolisian. Pertama, kita sudah sampaikan langsung ke Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), bahwa nanti kita akan minta khusus mobil tangki BBM Pertamina untuk dikawal dalam perjalanan dari terminal BBM ke SPBU," ujar 

Kedua, Pertamina meminta aparat Kepolisian untuk melakukan pengawalan di SPBU agar tidak ada lagi pembeli BBM dengan menggunakan jerigen, mengingat pada arus mudik kemarin, banyak penjual bensin eceran yang menjual bensin dengan harga sangat tinggi pada kendaraan yang terjebak macet.

"Kemudian kami juga sampaikan hampir 16 lokasi SPBU, baik itu di Tegal, Brebes yang kita sudah kemarin mapping, dan kita lihat banyak diserbu pedagang eceran. Jadi kemungkian besar kami juga minta pengawalan khusus di SPBU tersebut agar masyarakat tetap bisa mengisi dengan nyaman," ujarnya menambahkan.

Lalu, untuk langkah yang ketiga, sampai siang hari ini, Pertamina, kata dia, sudah menambah 25 pasang awak mobil tangki Pertamina yang bertugas di depot atau terminal BBM Tegal.

"Harapannya dengan tambahan armada ini, lebih dari 400 armada mobil tangki kita jalankan untuk bisa penuhi kebutuhan di Brebes, Tegal, Slawi untuk menjaga perbatasan antara Brebes dengan Cirebon," ujarnya menjelaskan.

Untuk langkah yang terakhir, lanjutnya, pihaknya juga telah mempersiapkan BBM jenis Pertamax dalam kemasan. Pertamax dalam kemasan akan disediakan di seluruh SPBU yang dilalui pemudik. (v/ab)