Inggris akan Berikan Vaksin Covid-19 Keempat untuk Lansia 50 Tahun ke atas

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pemerintah Inggris mengatakan pada hari Jumat (15/7) bahwa setiap orang berusia 50 tahun atau lebih akan ditawari dosis keempat vaksin virus corona pada musim gugur, menurunkan ambang batas usia dari 65 yang diumumkan sebelumnya.

Departemen Kesehatan mengatakan telah menerima saran dari penasihat vaksin independen Inggris tentang program booster musim gugur.

Dosis keempat juga akan diberikan kepada petugas kesehatan, staf dan penghuni panti jompo, dan semua yang berusia 5 tahun ke atas dengan kondisi kesehatan yang membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit parah akibat COVID-19.

Sebagian besar kelompok yang sama juga akan mendapatkan suntikan flu gratis.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan kampanye booster akan "menjaga pertahanan kita tetap kuat selama musim gugur dan musim dingin."

"Vaksin adalah jalan keluar kami dari pandemi ini, dan sekarang mereka akan memastikan COVID tidak akan pernah menghantui kami dengan cara yang sama lagi," katanya.

Seperti banyak negara Eropa, Inggris mengalami lonjakan kasus COVID-19, didorong oleh subvarian strain omicron BA.4 dan BA.5 yang sangat menular. Kantor Statistik Nasional memperkirakan bahwa 1 dari 19 orang di Inggris memiliki virus dalam pekan yang berakhir 6 Juli.

Inggris memiliki salah satu angka kematian resmi tertinggi di Eropa dalam pandemi, dengan hampir 178.000 kematian dikonfirmasi dari orang-orang yang dites positif. (voa/dd)