Indonesia-Tiongkok Kerjasama Berantas Peredaran Narkoba

By Admin

nusakini.com--Republik Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok memperkuat kerja sama pertukaran informasi untuk mencegah penyelundupan, dan memberantas peredaran narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso di Jakarta, Senin (9/5) menuturkan, kerja sama melalui nota kesepahaman itu akan mencegah masuknya jenis-jenis narkoba dari Tiongkok. Menurut Budi, dengan kerja sama itu intelijen Tiongkok akan senantiasa memberikan masukan-masukan BNN tentang pengiriman narkoba yang arahnya ke Indonesia. 

"Jadi itu pencegahan, sehingga barang tersebut tidak perlu masuk ke Indonesia," kata Budi di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. 

Melalui penguatan ini, BNN berharap jaringan narkoba yang berasal dari Indonesia sampai Tiongkok bisa diketahui kedua belah pihak. Jika ada jaringan narkoba dari Tiongkok yang memasarkan barangnya ke Indonesia, maka pihak Tiongkok akan menginformasikan kepada Indonesia, begitupun sebaliknya.  

"Kami hanya memberi informasi soal jaringan yang terlibat di sana. Komitmennya akan mereka tindaklanjuti. Akan ada tindak lanjut dari kerja sama ini, realisasinya seperti apa. Ini kan baru secara umum," tegas dia. (p/ab)