Indonesia dan Amerika Serikat Sepakat Tingkatkan Kerjasama Penerbangan

By Admin

nusakini.com-- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Selasa (17/1) membuka pertemuan kelompok kerja Indonesia –Amerika Serikat untuk mendiskusikan kerjasama penerbangan sipil antara kedua negara. Kerjasama tersebut merupakan bagian dari kelanjutan program U.S - Indonesia Aviation Working Group. 

Dalam pertemuan yang bertajuk “Indonesia-U.S. Cooperating For Aviation Growth,” tersebut hadir pula Duta besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan. 

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi Karya menyampaikan Selamat atas penugasan H. E. Joseph R. Donovan sebagai Dubes AS yang baru untuk Indonesia. 

“Pertemuan Indonesia-U.S Aviation Working Group siang ini akan meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan AS lebih dekat dan konsisten setiap tahunnya dapat dilakukan terus menerus,” ujar Menhub Budi Karya. 

"Dengan kerjasama ini banyak manfaat yang diperoleh kedua negara terutama dalam meningkatkan masyarakat transportasi udara di Indonesia," jelas Menhub. 

Menhub juga meminta agar working group ini dapat membahas strategi untuk mempertahankan capaian FAA category 1, bagaimana memfasilitasi Garuda Indonesia dan Maskapai US agar penerbangan Garuda Indonesia ke LA Dan New York serta Maskapai US ke Indonesia, Khususnya Jakarta dan Bali bisa berjalan. 

Selain itu juga dapat dilakukan pengembangan kerjasama pengelolaan Bandara Kualanamu dan Bandara Balikpapan serta bandara-bandara kecil khususnya Papua dengan skema PPP. Peningkatan kerjasama ini diharapkan dapat membantu Indonesia untuk modernisasi dan peningkatan kapasitas dalam pengelolaan FIR. 

Pada kesempatan yang sama Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan ramah tamah dengan Menteri Perhubungan setelah bertemu Presiden RI, selain itu juga untuk melanjutkan kerjasama strategis khususnya di bidang Aviasi. 

"Selamat kepada Indonesia yang telah mendapatkan FAA kategori I semoga ini bisa mempererat kerjasama antara Indonesia dan AS", ujar Donovan. (p/ab)