Indonesia Cetak Rekor Transaksi Rp.6,5 T di ITB Berlin

By Admin


nusakini.com - Berlin - Sepanjang sejarah ajang pameran terbesar dunia, Internationale Tourismus Bourse ITB Berlin 2016, Jerman, 9-13 Maret 2016, Kementerian Parawisata mencatatkan rekor. Terbesar.

Indonesia telah mengikuti lebih 20 kali pameran pariwisata terbesar di dunia itu.  "Tahun lalu transaksi potensial Rp 4,3 T. Taget tahun 2016 ini naik menjadi Rp 5 T, di luar dugaan, capaiannya spektakuler Rp 6,5 T,"  ujar Menpar Arief Yahya dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Senin (14/3/2016). 

Menurut Arief, dengan angka capaian itu, Wonderful Indonesia  sukses tiga kali di arena pameran yang setiap tahun dilangsungkan sekitar bulan Maret itu. Pertama, kata dia, sukses merebut penghargaan Best Exhibitor kategori Asia, Australia, Oceania sebagai booth yang paling kreatif, paling ramah lingkungan, paling banyak diminati pengunjung pameran. 

Kedua, lanjut Menpar, sukses penerapan strategi promosi dengan mengintegrasikan B-A-S (branding, advertising, selling) dan mengemas di media P-O-S (paid, own, dan social media). 

"Saya melihat sendiri, branding Wonderful Indonesia menguasai arena Messe dan di kota Berlin. Ada di shuttle bus, di kereta, parkir, pintu masuk, banner, sampai kartu free shuttle ke arena ITB pun dipikirkan," kata Arief Yahya. 

Wajar, lanjut Arief Yahya, jika gaya "total branding" yang dilakukan Kemenpar itu cukup mencuri perhatian publik di Berlin. Ketiga, papar Arief, sukses industri, sukses komitmen transaksi, yang ini adalah ujung dari pameran pariwisata terbesar di dunia dan sudah eksis selama 50 tahun ini. (mk)