Indonesia Akan Terus Memberikan Bantuan Kerjasama Teknik Untuk Palestina

By Admin

nusakini.com--Pada tanggal 1 Desember 2016 bertempat di KBRI Amman telah dilaksanakan kegiatan "Monitoring dan Evaluasi (Monev) kegiatan Bantuan Kerja Sama Teknik untuk Palestina". Kegiatan ini merupakan ajang pertukaran pemikiran dan diskusi antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Palestina dengan melibatkan alumni peserta pelatihan peningkatan kapasitas Palestina yang telah dilatih di Indonesia. 

Mengingat sulitnya akses untuk masuk ke Palestina, kegiatan monev dilaksanakan di Amman, Yordania. Kegiatan dibuka oleh Dubes RI Amman dan Pemri diwakili oleh Bapak Ghafur Akbar Dharmaputra selaku ketua tim Monev. Pada saat pembukaan Dubes RI Amman pada intinya menyampaikan bahwa tujuan dari pertemuan monev ini adalah untuk mendapatkan dukungan dan rekomendasi untuk memberikan progam terbaik bagi Palestina ke depannya.  

Wakil Kementerian Luar Negeri RI menyatakan bahwa dialogue ini adalah bagian dari peran aktif Indonesia dalam memajukan Kerja Sama Selatan-Selatan. Pertemuan membahas rencana program KST tahun 2017 yang dibutuhkan dan diperlukan oleh Palestina serta mendapatkan masukan kendala dan hambatan yang dihadapi dalam implementasi hasil dari pelatihan. Wakil dari Pemerintah Palestina menyampaikan terima kasih atas bantuan kerja sama teknik yang telah diberikan selama ini. Dan menegaskan kembali bahwa Palestina masih sangat membutuhkan dukungan salah satunya dari Indonesia. 

Sebelum pertemuan dan diskusi dengan alumni pelatihan dari Palestina, tim monev melaksanakan pertemuan dengan Dubes RI Amman dan Home Staff KBRI Amman untuk membahas mengenai prioritas kerja sama Indonesia dan Palestina ke depan. Berdasarkan catatan Direktorat KST, Pemerintah Indonesia telah melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kepada Palestina di bidang pertanian, pariwisata, tata pemerintahan, demokratisasi, kearsipan, dan kepolisian yang diikuti oleh 1.774 orang Palestina. (p/ab)