Indonesia akan Bangun Kantor Layanan Haji dan Umrah di Arab Saudi

By Abdi Satria


nusakini.com-Solo-Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama akan membangun Kantor Layanan Haji dan Umrah di Arab Saudi. "Gedung ini akan dibangun dengan menggunakan dana yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Nizar, di Solo, Minggu (27/09).  

"Melalui dana SBSN yang dikelola oleh Kementerian Keuangan, kita sedang berupaya mendirikan kantor di Arab Saudi yang saat ini sedang dalam proses," kata Nizar yang hadir di Solo sebagai pembicara JAMARAH (Jagong Masalah Haji dan Umrah) yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah.

Nizar menuturkan keberadaan Kantor Layanan Haji dan Umrah di Arab Saudi bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap jemaah Indonesia selama berada di Arab Saudi. Ia menambahkan, kantor yang akan dibangun ini merupakan milik negara Indonesia dimana dapat dimanfaatkan untuk kepengurusan ibadah haji yang merupakan tugas nasional. 

"Sebagai tugas nasional, penyelenggaraan haji tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Agama saja. Melainkan, dilaksanakan dengan sinergisitas lintas kementerian," terang Nizar. 

"Dengan adanya tugas nasional tersebut, maka sangat dibutuhkan adanya kantor bagi kita di Arab Saudi," imbuhnya.  

Turut hadir dalam JAMARAH, Wakil Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti dan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Musta'in Ahmad. (p/ab)