INA-LAC Business Network: KADIN Siap Berbisnis dengan Kawasan Amerika Latin dan Karibia

By Abdi Satria


nusakini.com-​Jakarta-Kamar Dagang dan Industri Indonesia siap untuk menjalin kerja sama konkret dengan kawasan Amerika Latin dan Karibia, ungkap Wakil Ketua Hubungan Luar Negeri Kadin, Bernardino Vega, dalam rangkaian pertemuan “The 1st Indonesia – Latin America and Caribbean Business Network" yang berlangsung selama 2 (dua) hari secara hybrid di Indonesia dan negara kawasan Amlatkar pada tanggal 31 Maret – 1 April 2022.

Dalam rangkaian kegiatan, Kadin melakukan pertemuan bisnis satu persatu dengan 16 (enam belas) mitra anggota yang berasal dari negara Argentina, Antigua dan Barbuda, Bolivia, Kosta Rika, Kolombia, Kuba, Ekuador, Meksiko, Venezuela, dan Kamar Dagang Amerika Latin di Singapura. Indonesia – Latin America and Caribbean Business Network atau INA-LAC BN merupakan hasil konkret yang dibentuk saat Forum Bisnis INA-LAC 2021 oleh Kadin Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI. Sejak dibentuk, INA-LAC BN telah memiliki 20 (dua puluh) anggota yang berasal dari negara kawasan Amlatkar.

Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid menegaskan bahwa fokus sektor yang diusung oleh Kadin sejalan dengan program pemerintah di 3 (tiga) bidang utama yaitu health architecture, digital transformation, dan energy transition. Hal ini didukung oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Duta Besar Ngurah Swajaya yang menegaskan bahwa kerja sama yang terencana dan tersinergi antara Pemerintah dan pelaku bisnis merupakan unsur esensial untuk mendukung upaya peningkatan hubungan perdagangan maupun investasi antara Indonesia dan kawasan Amselkar.

Walaupun dilaksanakan untuk pertama kali, pertemuan INA-LAC BN memberikan hasil konkret bagi Kadin dan mitra anggota antara lain rencana Misi Dagang dari Indonesia ke kawasan Amselkar dan Misi Dagang dari kawasan Amselkar ke Indonesia, pembuatan roadmaps kerja sama dengan mitra di Amselkar, serta identifikasi sektor dan perusahaan potensial khususnya yang bergerak di bidang transisi energi dan transformasi digital. Wakil Ketua Hubungan Luar Negeri Kadin, Bernardino Vega, juga menyampaikan undangan secara terbuka kepada peserta dari negara G20 untuk hadir pada pertemuan B20 pada tanggal 13 - 14 November 2022 di Bali. (rls)