Ikan Asal Indonesia Ini Bisa Seharga Mobil ‘Alphard’

By Admin


nusakini.com - Kekayaan serta keragaman biota laut Indonesia termasuk ikan tak perlu diragukan lagi. Hal ini menyebabkan perairan Indonesia menjadi ‘surga’ laut yang tak tertandingi.

Salah satu jenis ikan yang paling "diburu" banyak negara untuk dijadikan salah satu sajian kuliner adalah ikan tuna sirip kuning (tuna yellowfin) dan ikan tuna sirip biru (tuna bluefin) karena harganya yang sangat mahal di pasaran. 

"Ikan tuna sirip biru paling mahal di Indonesia, harganya Rp 100 ribu-Rp 200 ribu per kilogram (Kg). Itu yang fresh, kalau yang frozen atau beku harganya cuma Rp 10 ribu-Rp 25 ribu per Kg. Sedangkan harga ikan tuna sirip kuning di bawah sirip biru," ungkap Direktur Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Ditjen PSDKP KKP, Tyas Budiman. 

Berat seekor ikan tuna sirip biru bisa mencapai lebih dari 100 Kg sampai 300 Kg. Jika dihitung dengan harga per Kg, maka ikan tuna sirip biru dihargai ratusan juta sampai miliaran rupiah setiap ekor layaknya harga sebuah mobil eksekutif. 

Tyas menambahkan, ikan tuna sirip biru biasanya laku keras di Jepang sebagai makanan kelas atas. Mereka mengonsumsi mentah ikan tuna sirip biru yang diolah makanan sashimi karena kandungan protein yang tinggi dan meningkatkan vitalitas. 

"Di Jepang, ikan tuna sirip biru diolah jadi sashimi. Makanan paling bergengsi di Jepang, termasuk di Indonesia khususnya restoran-restoran Jepang karena rasa ikan itu di perairan tropis lebih enak dibanding perairan subtropis," ujar dia. 

Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi karena rasanya yang enak dibanding jenis ikan lain. Tak heran, para pembeli rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan ikan ini. Pasar tuna yellowfin terbesar adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan hingga Amerika Serikat. 

Sementara itu, menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Anti Illegal Fishing Mas Ahmad Santosa, seekor ikan tuna yellowfin setinggi manusia harganya bisa senilai mobil Alphard. “Jadi memang nilainya tinggi sekali," ujarnya. (ip/mk)