Ibas Akui Peran Indonesia di Dunia Internasional di Masa SBY, Terbukti Ampuh dan Mendapat Apresiasi

By Admin


nusakini.com - Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), di Jakarta, beberapa waktu yang lalu mengatakan, peran Indonesia di dunia internasional yang diterapkan pada masa pemerintahan Presiden SBY, terbukti ampuh dan mendapat apresiasi dari dunia internasional.

Lanjut Ibas menjelaskan, strategi kebijakan luar negeri Indonesia, terbukti ampuh untuk meningkatkan peran Indonesia ditingkat internasional. 

"Peran Indonesia dalam isu-isu strategis global juga semakin diperhitungkan," jelas Ibas. 

Ibas mengatakan, pemerintah memiliki peluang yang besar untuk terus membangun infrastruktur militer yang terhambat. 

"Sebagai contoh, dengan diplomasi yang baik, pada tahun 2005 akhirnya pemerintah dapat mengakhiri embargo militer Amerika terhadap Indonesia," paparnya. 

Selain itu, dia juga mengungkapkan, sejumlah kasus yang dialami warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang pada akhirnya dicegah dengan cara jalur diplomasi. 

Ibas menjelaskan, bahwa diplomasi adalah kunci yang telah diterapkan pemerintahan SBY untuk menciptakan kepercayaan kepada publik internasional. 

"Sebagai bagian dari masyarakat dunia, Indonesia bahkan turut aktif dalam mendorong perdamaian di Lebanon dengan mengirim pasukan UNIF dan juga banyak negara lain," tutup Ibas.(if/mk)