Ibarat Kata Pepatah Tak Ada Rotan Akarpun Jadi Berlaku Bagi Peserta Di BDLHK Kupang

By Admin


Catatan Habibi Cik Ading 

Kasubag Organisasi dan Tata laksana, SetdItjen PSKL

Kementerian LHK

nusakini.com - Begitupun pelatihan e-learning 2 gelombang di BDLHK Kupang sudah selesai dilaksanakan dengan ditutupnya pelatihan tersebut oleh Kepala BP2SM, Bapak Helmi Basalama. 

Awal persiapan cukup kelabakan baik dari sisi persiapan peserta yang mayoritas petani hutsos yang tinggalnya di sekitar hutan maupun kesiapan para tutor yang akan menyampaikan materi. Kendala jaringan internet sempat menjadi tantangan diawal, tapi dengan tangan sikap panitia BDLHK Kupang tantangan tersebut terhadapkan, H-2 sebelum pelaksanaan pelatihan peserta dilakukan persiapan mulai dari pengecekan perangkat yg akan digunakan maupun posisi peserta akan berada saat berlangsung pelatihan online. 

Sangat dimaklumi karena peserta di BDLHK Kupang berasal dari NTT, NTB dan Bali, pastinya sedikit berbeda dengan kita yang berada di ibu kota yang bergelimang signal di langit Jakarta. Selama berlangsungnya pelatihanpun peserta sangat aktif baik pada saat belajar mandiri maupun pada saat kelas online. 

Belum selesai keseruan di WAG sebelah yang tanpa henti membahas banyak hal terkait materi, bahkan sampai melewatkan waktu tengah malam di WAG pesertapun berlangsung dengan serunya, suara notifikasi di hp gak pernah berhenti bahkan sampai menjelang sahur. Peserta begitu aktif menyelesaikan tugas2 yang diberikan oleh para tutor.

Ibarat kata pepatah tak ada rotan akarpun jadi berlaku bagi peserta di BDLHK Kupang. 

Belum familiarnya mengupload tugas ke LSM tak menyurutkan kewajiban peserta dalam penyelesaian tugas. Cukup menulis jawaban di lembaran kertas kemudian di foto lalu send ke Wag sudah menjadi solusi bagi peserta. Pendamping berperan besar dalam pelaksanaan e learning ini, tidak hanya sebagai peserta, pendamping juga menjadi tutor bayangan bagi petani hutsos yang menjadi peserta, baik dalam proses pembelajaran mandiri mengerjakan tugas dan pengenalan sistem pengajaran jarak jauh di LMS. 

Akhir kata 

pulau bali disebelah lombok...

di Lombok banyaklah hutan sosial...

pelatihan ini sungguhlah elok...

caranya mudah biayanya tak mahal...

#salam