Honda Terima Tantangan Motor Listrik di Indonesia

By Admin


DEPOK – Dalam meneguhkan komitmennya pada lingkungan, Honda saat ini fokus pada pengembangan mobil dan motor listrik di Indonesia. Kendaraan bertenaga listrik memiliki andil bagi lingkungan hidup.

"Elektrifikasi pada moda sarana transportasi pribadi mempunyai potensi yang sangat besar untuk memperbaiki lingkungan hidup," ujar Chairman Honda Motor Co., Ltd, Fumihiko Ike dalam forum diskusi Potential of Electric Vehicle as an Alternative Mobility Solution di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (5/3/2016).

Melihat Indonesia sebagai pasar penjualan sepeda motor terbesar dengan sejumlah dampak kompleks yang ditimbulkan, Honda ingin menjawab tantangan untuk menciptakan sepeda motor bertenaga listrik.

"Sepeda motor adalah moda utama dari transportasi pribadi di Indonesia. Pantas dan layak bagi kami untuk menjawab tantangan ini dengan motor listrik," kata Fumihiko.

Namun sejumlah kendala ditemui dalam proses pengembangan sepeda motor bertenaga listrik. Fumihiko membeberkan berat baterai, jarak tempuh, dan harga dari sepeda motor listrik menjadi tantangan yang harus dijawab oleh Honda dalam pengembangan.

"Namun tidak semua percobaan itu berjalan lancar dua sepeda motor itu (Super Cub dan EV-Cub) masih mempunyai kendala terkait berat baterai, jarak tempuh, dan harga," tandasnya.

Selain menggelar forum diskusi di Universitas Indonesia ini Honda juga memperkenalkan motor bertenaga listrik EV-Cub. Motor ini sudah diperkenalkan di Indonesia Motorcycle Show beberapa waktu lalu. (aw)