Hipermata Komisariat Sejajaran Dampingi Petani Desa Kalukuang Ke Polres Takalar, Ada Apa ?

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Takalar--Gabungan Masyarakat dalam Aliansi petani Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar mendatangi Polres Takalar, Kamis 02/04/2020.

Kedatangan Aliansi Masyarakat Di Karenakan adanya surat panggilan dari polres kepada tujuh orang petani di Desa kalukuang terkait penolakan terhadap aktifitas tambang yang merugikan masyarakat.

Tempat Kejadian Perkara (TKP), Para Aliansi yang sebagian besar terdiri dari kaum perempuan ini terus meneriakkan Keadilan sambil membentangkan sejumlah poster tuntutan. Masyarakat mendesak Polisi segera menutup aktifitas tambang di desa kalukuang yang justru merugikan petani.

"Kenapa kami petani ini yang dilapor merusak jalan tani dan area persawahan? Justru aktifitas tambanglah yang telah merusak jalan tani dan area persawahan kami," teriak Daeng Narang, salah satu petani.

"Ini merupakan pemanggilan klarifikasi kepada beberapa terlapor, ini bisa kita bicarakan baik-baik." terang salah satu pihak Polres Takalar yang menemui perwakilan petani.

Candra dari Hipermata kom. Stimlash Jaya yang mendampingi petani mengatakan "Tuduhan kepada petani sebagai perusak jalan tani tidak masuk akal dan tak mendasar, justru yang melakukan pengrusakan dan merugikan adalah aktifitas tambang di Desa Kalukuang Kec Galesong ini."

Selanjutnya, beberapa perwakilan petani dan pengurus Hipermata dipersilahkan masuk untuk melakukan audiens dengan pihak Polres Takalar.

" Ini adalah bentuk kewajiban kita sebagai agen of control untuk membela masyarakat. Sungguh luar biasa dimana kita lihat senyum bahagia para masyarakat, dan itu merupakan setengah keberhasilan kita dalam mengawal kasus ini". Ucap Muh Anas, Kabid PTKP Hipermata Kom STDN.

Setelah audiens ratusan petani dan mahasiswa Hipermata membubarkan diri dengan tertib.(R/Rajendra)