Hasil Tinjau Pelatnas SEA Games 2021 Vietnam, Menpora Amali Tegaskan Cabor yang Masuk DBON Diberlakukan Promosi Degradasi

By Abdi Satria


nusakini.com-Sentul-Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali kembali menegaskan dan mengingatkan kepada cabang olahraga yang masuk dalam cabor prioritas atau cabor yang masuk DBON bahwa, pemerintah tetap memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

"Cabang olahraga apapun itu yang ada dalam DBON salah satunya bola voli harus berprestasi. Sebab lama-lama jika tidak maka cabor ini akan kita keluarkan dari cabor unggulan, ingat itu," tegas Menpora Amali di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Menpora Amali berharap semua cabor DBON (12 cabor olimpiade dan 3 cabor industri) mampu meraih prestasi olimpic, namun jika tidak cabor bersangkutan pasti akan digantikan cabor lain yang berpotensi prestasi olimpic.

"Karena kita berlakukan sistem promosi dan degradasi. Bagi cabor-cabor olimpic yang tidak berprestasi kita akan gantikan dengan yang berprestasi. Masih banyak yang berprestasi," tambah Menpora Amali.

Menpora Amali juga mengingatkan akan pentingnya regenerasi atlet agar tetap diperhatikan. "Kalian masuk sama dengan bulutangkis, angkat besi, panjat tebing dan lain-lain. Oleh karena itu pengurus PBVSI saya minta supaya regenerasi di pemain supaya dipertahankan," pintanya.

Selain mengingatkan tentang promosi dan degradasi, Menpora Amali juga meminta agar tim voli putra dan putri yang akan tampil di SEAG Vietnam termotivasi dengan menjadi wakil rakyat Indonesia untuk meraih medali emas.

"Saya minta kalian berangkat atas nama 270 juta rakyat Indonesia, tolong saya minta betul, kalian menjadi wakil dari 270 juta rakyat Indonesia, buat bangsa ini bangga terhadap kalian," ujar Menpora Amali.

"Sanggup ya, putra emas sangguh dipertahankan? Jadi, jangan ada motivasi lain, dari pengurus, klub apalagi karena pacar tapi benar-benar untuk Merah-Putih," imbuh Menpora Amali disambut teriakan sanggup dari seluruh atlet dan pelatih.

Orang nomor satu di olahraga Indonesia ini merasa yakin, anak asuh dari pelatih China Jeff Jiang Jie (tim Putra) dan Risco Herlambang (tim putri) ini mampu membanggakan Tanah Air terlebih mereka usai mengikuti kompetisi bergengsi pro Liga.

"Saya minta motivasi dari sekarang kalian rubah, bukan untuk klub, provinsi dan lain-lain. Hanya untuk Indonesia. 270 juta rakyat Indonesia mengharapkan emas dari kalian, saya yakin dan percaya kalian bisa karena kalian sudah ikut kompetisi pro liga," tuturnya.

"Mudah-mudahan harapan pemerintah dan rakyat Indonesia kalian bisa penuhi, sekali lagi, sanggup?," tanya Menpora Amali lagi dan kembali disambut dengan serempak seluruh atlet dan pelatih.

Di akhir sambutannya Menpora Amali masih menawarkan apa yang kurang untuk mendukung program pelatnas, dengan sigap Menpora Amali meminta kepada jajarannya untuk memenuhinya.

"O ngga ada vitamin. Pak Asdep Surono segera dikirim vitaminnya, besok sudah ada ya, biar semangat lagi," pungkas Menpora Amali sebagai bentuk negara hadir sebagai penyemangat program pelatnas. (rls)