Hanya Dengan Kerja Nyata dan Kerja Keras, Indonesia Dapat Terus Berdiri Kokoh

By Admin

nusakini.com-- Tema nasional dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 adalah Indonesia Kerja Nyata. Tema ini sangat relevan dan sejalan dengan program kabinet kerja dan komitmen pemerintah untuk tetap melakukan kerja nyata dalam memajukan pembangunan Indonesia.

Hanya dengan melalui kerja keras Indonesia dapat berdiri kokoh dan mampu mewujudkan semua cita-cita mulia bangsa. 

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dalam amanat yang dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Widodo, Rabu (17/8) saat menjadi inspektur upacara dalam upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke 71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor Kemhan, Jakarta.

Upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 ini diikuti oleh segenap personel Kemhan yang terdiri dari pejabat Eselon I, II, III, IV serta seluruh karyawan baik TNI maupun PNS.

Lebih lanjut Menhan menegaskan, untuk mewujudkan Indonesia yang maju diberbagai bidang, dibutuhkan kerja nyata dari semua komponen bangsa sesuai tugas dan profesi masing-masing. Dalam konteks Kemhan, kerja nyata tersebut diwujudkan melalui optimalisasi berbagai program kerja Kemhan.

Program kerja Kemhan harus diwujudkan secara konkret sehingga memberikan dampak yang besar pada penguatan pertahanan negara. Dalam menghadapi dinamika ancaman saat ini, kebijakan pertahanan negara harus mampu menunjang berbagai aspek untuk mewujudkan pertahanan negara yang kokoh dan kuat.

Kerja nyata ini juga membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten, memiliki nasionalisme dan sikap mental serta etos kerja yang baik. Oleh karena itu, program-program pembangunan sumber daya manusia pertahanan negara harus terus digalakkan dan ditingkatkan. Pembangunan sumber daya manusia ini dapat berupa membekali dengan iptek melalui diklat, selain itu pembekalan sikap mental kejuangan dapat diberikan melalui program bela negara yang sudah sering dilaksanakan oleh Kemhan.

Upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 71 ini harus menjadi momentum bagi segenap warga Kemhan untuk kembali merenungkan sekaligus meneladani semangat patriotisme, nilai-nilai kebangsaan serta kerja keras yang diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan dan pahlawan bangsa harus menjadi sumber inspirasi dan kekuatan untuk senantiasa terus mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 ini diserahkan pula Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun kepada 66 orang PNS Kemhan. Pada saat yang sama, juga dilepas 14 pegawai Kemhan yang memasuki masa purna tugas yang terdiri dari 4 orang anggota TNI dan 10 orang PNS. (p/ab)