Hadiri Rakernis Intelkam Polri, Mendagri Tegaskan Stabilitas Dalam Negeri

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan arahan pada Rapat Kerja Teknis (Rakernis) fungsi Satuan Intelijen dan Keamanan (Intelkam Polri) bertempat di ruang rapat utama Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/11). 

Dalam arahannya Mendagri menegaskan kepada para Intelkam Polri untuk menjaga stabilitas dalam negeri baik selama berlangsungnya Pilkada 2017 maupun dalam proses pembangunan. 

Mendagri meminta Intelijen untuk membangun jaringan dan komunikasi baik dengan Kepolisian maupun Badan Intelijen Negara (BIN) yang ada di pusat dan daerah. 

"Pada posisi intelijen, komunikasi, koordinasi , dan jaringan sangat penting tidak hanya dalam konteks Pilkada namun juga proses membangun stabilitas secara nasional, " ujar mendagri di Mabes Polri, Senin (21/11). 

Dalam hal ini, kondisi yang diharapkan nantinya terciptanya stabilitas politik dalam negeri, adanya peran intelijen dalam mendorong perekonomian, terpeliharanya kemajemukan bangsa dengan baik. 

Tidak hanya itu, terkait dengan Pilkada 2017 nanti, Tjahjo meminta Intelkam Polri untuk meredam instabilitas yang ada serta memperhatikan tingkat partisipasi masyarakat terhadap pemilihan kepala daerah. 

"Kunci dari peningkatan partisipasi masyarakat ini kuncinya ada di stabilitas , adanya tingkat koordinasi," kata Tjahjo. 

Terakhir Tjahjo mengimbau untuk adanya persepsi yang sama dalam melirik dinamika ancaman terhadap bangsa seperti terorisme dan radikalisme.⁠⁠⁠⁠ (p/ab)