nusakini.com-Jakarta-Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri sekaligus menyerahkan penghargaan kepada insan pers dalam Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni (MH) Thamrin 2020 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (2/11).

Sebanyak tujuh pemenang dari tujuh kategori ditetapkan dengan periode publikasi 1 Juli 2019 hingga 30 Mei 2020.

Karya-karya yang turut serta dalam kompetisi adalah karya-karya jurnalistik yang dipublikasikan pada periode 1 Juli 2019 hingga 30 Mei 2020 dan terbagi ke dalam 7 kategori yaitu Produk Jurnalistik Teks, Foto, Video Stasiun Televisi Terestrial, Video Media Massa Televisi Streaming, Jurnalistik Audio, Jurnalistik Infografis, dan Tajuk Rencana. 

Dalam sambutannya Anies pertama-tama mengapresiasi pihak penyelenggara terutama dewan juri Anugerah Jurnalistik MH Thamrin yang secara profesional memberikan penilaian serta para peserta yang telah mengolah peristiwa yang ada di Jakarta menjadi produk berita yang layak dinikmati masyarakat. 

“Penghargaan ini mencerminkan kerja keras dewan juri dalam menjaga kredibilitas. Saya ucapkan terima kasih telah mereview begitu banyak karya yang telah masuk dan memilih yang terbaik. Kedua, untuk para pemenang, kami apreasiasi karena sudah merekam berbagai peristiwa di Jakarta menjadi berita, dan itu memiliki unsur mencerdaskan kehidupan bangsa,” tambahnya seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Senin (2/11). 

Lebih lanjut Anies berpesan kepada para peserta agar nantinya karya-karya yang dihasilkan harus mampu dinikmati bukan hanya masyarakat Jakarta melainkan secara nasional maupun internasional.  

“Teruslah menjadikan Jakarta untuk berkarya, begitu banyak kejadian Jakarta yang menjadi hikmah di tempat lain. Karena audiensnya seluruh Indonesia, apa pun yang dikerjakan di sini akan memiliki implikasi nasional,” terangnya. 

Untuk itu, Anies pun turut berpesan untuk mempertimbangkan bahasa dalam bahasa penyampaian bahasa jurnalistik agar karya tersebut mempunyai penikmat yang lebih luas.  

“Jadi pertimbangkan audiens-nya nasional ataupun lebih luas lagi. Bahkan mulai gunakan subtitle Bahasa Inggris sehingga karya kita harus dapat dipahami oleh masyarakat global karena Jakarta adalah pemain dunia dan Jakarta ingin menjadi kota yang audiens-nya global,“ lanjut Anies. 

Selain itu, Anies juga berharap jurnalis di Ibu Kota juga tak segan menggunakan kata-kata yang diambil dari bahasa daerah sehingga implikasinya dapat memperkaya bahasa Indonesia. Anies mencontohkan penggunaan kata Lingko sebagai kata yang diambil dari bahasa masyarakat Manggarai. 

“Berikutnya saya berharap teman-teman jurnalis memperkaya bahasa indonesia. Kami di (Pemprov DKI) Jakarta mendorong hal itu, salah satunya penggunaan adalah kata Jaklingko yang diambil dari Manggarai, lalu Moda Raya Terpadu (MRT) dan lain sebagainya,” tandasnya. 

Perlu diketahui, Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin adalah kompetisi tahunan yang merupakan kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi DKI Jakarta. Penjurian dilaksanakan oleh Dewan Juri yang terdiri dari tujuh panelis yang berasal dari PWI Jaya pada periode 26 Agustus sampai dengan 14 September 2020. 

Dalam penyelenggaraannya yang ke-46 ini, Anugerah Jurnalistik MH Thamrin didominasi karya-karya Jurnalistik terkait kebencanaan. Hal tersebut sesuai dengan kondisi Jakarta yang mengalami banjir pada awal Januari 2020 lalu. Tujuh kategori produk jurnalistik yang dilombakan yaitu Produk Jurnalistik Teks, Foto, Video Stasiun Televisi Terestrial, Video Media Massa Televisi Streaming, Jurnalistik Audio, Jurnalistik Infografis, dan Tajuk Rencana. (p/ab)

Daftar nominasi dan pemenang utama Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2020 sebagai berikut: 

A. Kategori Produk Jurnalistik Audio 

1. Mitigasi Bencana Tantangan Proyek Fase 2 MRT Jakarta, Menjawab Tantangan Dunia - RRI (Pemenang Utama) 

2. Damin, Setia menjaga pulau yang bersejarah yang tak pernah beristirahat - RRI 

3. Urbanisasi Saat Ini: Kisah Manis Jakarta yang Selalu Mengundang Semut-Semut dari Desa - El Shinta 

B. Kategori Produk Jurnalistik Foto 

1. Menengok Tempat Pesan Makanan Pakai Tali Ember di Ibu Kota - detik.com (Pemenang Utama) 

2. Petugas Bersihkan Sungai - Kompas 

3. Ketika Banjir Melumpuhkan Transportasi Ibu Kota - bisnis.com 

C. Kategori Jurnalistik Infografis 

1. Data Pemantau Covid-19 DKI Jakarta - medcom.id (Pemenang Utama) 

2. Dana Bantuan Banjir Untuk Korban Banjir DKI - antaranews.com 

3. Korban Banjir Jakarta, Banten & Jabar - tempo.co.id 

D. Kategori Produk Jurnalistik Video Massa Televisi Streaming 

1. Membendung Banjir Jakarta - kumparan.com (Pemenang Utama) 

2. Solusi Menyeluruh Banjir Jakarta - tempo.co 

3. Jakarta Adalah Kunci Hari Pertama PSBB di DKI akarta - media indonesia 

E. Kategori Produk Jurnalistik Video Stasiun Tv Terestrial (Pemenang Utama)

1. Aiman – Banjir Raksasa di Jabodetabek - Kompas TV 

2. Banjir Pergi Hujatan Datang Fakta - TV One 

3. Dua Sisi Ondel-Ondel - Metro TV 

F. Kategori Tajuk Rencana 

1. Atasi Ketimpangan Kota - Koran Tempo (Pemenang Utama) 

2. Sengkarut Monas - Media Indonesia 

3. Kota dan Ruang Interaksi - Koran Sindo 

G. Kategori Produk Jurnalistik Teks

1. Wabah dan Sampah di Ibu Kota - Antaranews.com (Pemenang Utama) 

2. Menjaga Warisan Sepenggal Masa Cikini - Kompas 

2. Ibu Kota Bersiap Menutup Diri - Koran Tempo