Hadapi Lebaran, Pasokan Listrik Jawa -Bali Aman

By Admin


nusakini.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, kepada pers, di Depok, Jawa Barat, Minggu (3/7/2016), meminta kepada petugas PT PLN (Persero) tetap siaga dan waspada 24 jam selama libur nasional Lebaran 2016, agar tak terjadi pemadaman listrik. 

"Listrik adalah kebutuhan vital sehingga pasokannya harus tetap ada dan diupayakan tidak ada pemadaman," kata Sudirman Said. 

Hal itu disampaikan Sudirman Said, usai melakukan peninjauan ke Gardu Induk Listrik Gandul di Depok dan Cawang, Jakarta. 

Menurutnya, sekalipun beban penggunaan listrik saat liburan Lebaran ini di Jawa alami penurunan, namun PLN harus tetap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan tak diinginkan. 

Menteri mengatakan, dalam rangka Lebaran meski terjadi penurunan konsumsi listrik tapi keandalanan sistem transmisi dan pembangkit harus dijaga dan ditingkatkan. 

"Beban pembangkit memang menurun, tapi secara kesiagaan harus meningkat karena selama liburan hal-hal tertentu malah bisa muncul tanpa diduga," kata Sudirman. 

Menurutnya, kapasitas terpasang listrik di Jawa dan Bali sebesar 32.000 MW dan dalam kondisi normal penggunaan listrik mencapai 24.000 MW. Namun, dalam kondisi libur nasional Lebaran ini penggunaan listrik turun menjadi 15.000 MW. 

Dengan adanya penurunan beban tersebut, dan dalam rangka efisiensi maka PLN mematikan sejumlah gardu sebesar 9.500 MW. 

"Walaupun ada yang dimatikan, namun hal tersebut tak mengganggu keandalan sistem listrik dan kegiatan itu sudah rutin dilakukan," tutur (ifm/mk)