Gubernur Sumsel Obati Rasa Rindu Warga Gunung Batu

By Abdi Satria


nusakini.com-OKU Timur- Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka Kabupaten OKU Timur merupakan desa yang unik karena tetap mempertahankan budaya dan adat istiadat asli. Bahkan marganya tetap utuh satu marga, berbeda dengan desa lainnya yang banyak dihuni oleh berbagai marga. 

"Meski budaya asing masuk. Tapi kita disini tepat mempertahankan adat asli. Kita tidak perlu malu menggunakan bahasa Komering. Suku Komering merupakan salah satu suku terbesar di Sumsel. Ini yang harus tetap kita pertahanan," tegas Herman Deru saat silaturahmi dengan masyarakat Desa Gunung Batu Kecamatan Cempaka, Rabu (17/3).

Lebih lanjut gubernur menegaskan, dalam waktu dekat, dirinya akan dibentuk lembaga adat di tingkat kecamatan dalam provinsi Sumatera Selatan. 

"Lembaga adat di tingkat kecamatan akan kita beri nama pesirah adat," tambahnya sembari menyebutkan tujuan dari pembentukan lembaga adat tersebut sebagai wadah untuk melestarikan budaya dan adat asli setempat. 

Terkait dengan kondisi pangkal jembatan Komering desa Gunung Batu yang curam dan banyak menyebabkan kecelakaan. Gubernur minta Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi untuk melakukan upaya pembehanan. Sedangkan ruas jalan Provinsi penghubung OKU Timur hingga Talang Pangeran Kabupaten OKI yang kondisinya rusak segera dilakukan perbaikan paling lambat bukan April mendatang. 

"Jalan Provinsi penghubung OKU Timur sampai Talang Pengeran OKI, akan mulai dikerjakan perbaikannya paling lambat bulan empat nanti. Sekarang ini masih dalam tahap tender," imbuhnya. 

Dia juga mengajak masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir Komering untuk kembali menjadikan kawasan itu sebagai daerah penghasil ikan melalui sistem bioflok atau kolam terpal. 

"Terserah mau ikan apa yang dibudidayakan. Ikan mas, nila, patin atau ikan lele. Untuk bibitnya akan dibantu oleh pemerintah provinsi," tandasnya. 

Sementara itu salah satu tokoh adat setempat mengucapkan terimakasih atas kedatangan H Herman Deru di desa Gunung Batu yang merupakan desa terluar di Kecamatan Cempaka yang masih banyak membutuhkan perhatian. 

Salah satunya yang mendesak yakni pemasangan bronjong di bagian hulu desa Gunung Batu yang longsor karena gerusan sungai. Serta minta pada Gubernur untuk dapat membantu pembangunan menara masjid desa setempat. 

"Inilah gubernur yang kita pilih dulu. pulang kampung. Mari kita dukung beliau agar menjadi gubernur dua periode," ujarnya yang sambut tepukan hangat warga setempat. 

Di lain pihak ketua panitia silaturahmi, Napoleon dalam laporannya menyebutkan sebagai tanggung jawab pemuda Komering. Dalam waktu dekat kalangan pemuda setempat akan membentuk organisasi yang diberi nama Barisan Pemuda Komering Ulu Raya. 

Dalam silaturahminya di desa Gunung Batu tersebut, Gubernur berkenan menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan menara masjid Taqwa Desa Gunung Batu sebesar Rp 25 juta.(p/ab)