Gubernur Sumsel: DBON Bentuk Keseriusan Menpora Amali dalam Mendesain Olahraga Kita

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru, S.H., M.M menyambut baik lahirnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Menurutnya, lahirnya DBON ini bentuk keseriusan Menteri Pemuda dan Olahrga (Menpora) Zainudin Amali dalam memajukan olahraga di Indonesia.

"Perpres Nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional ini menunjukan keseriusan pak menteri dalam mendesian olahraga kita, yang paling esensial dari lahirnya DBON ini adalah mengajak kita semua untuk fokus terhadap olahraga," kata Herman Deru dalam sambutannya pada acara pembukaan Sosialisasi DBON di Hotel Santika Premiere, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (14/12).

Politisi Partai NasDem ini kemudian berbicara tentang pergantian kepemimpinan yang juga ikut mengubah kultur olahraga di sekolah. Misalnya, dia mencontohkan, dulu di Sekolah Dasar para siswa akan melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) sebelum mereka masuk ke ruang kelas untuk belajar.

Oleh karenanya, dia berharap dengan adanya DBON ini, olahraga kembali dibudayakan kepada masyarakat sejak mereka usia dini.

"Artinya dalam DBON ini olahraga rekreasi di masyarakat juga menjadi tumbuh dan ada daerah tertentu yang memang menjadi prioritas dalam meningkatakan spirit berolahraga ini," harapnya.

Disamping itu, dari jenjang pendidikan, dia mengatakan kalau dulu ada sekolah guru olahraga (SGO) dimana para lulusannya secara otomatis menjadi guru di kampungnya masing-masing baik itu sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP). "Sekarang itu sudah tidak ada lagi," ujarnya.

Dengan demikian, dia pun mendorong agar didirikan fakultas keolahragaan di Universitas Sriwijaya (Unsri) sehingga sport science dan sport industri bisa dikembangkan di Sumsel. Bukan itu saja, dia juga mendorong agar didirikan SMK keolahragaan di wilayahnya, sehingga paling tidak untuk menyediakan guru olahraga.

Dia berharap dengan adanya DBON ini olahraga di Sumsel semakin maju, dan pihaknya dengan berbagai stakeholder suap mendukung dan melaksanakan sesuai arahan Menpora.

"Kita bersemangat menantikan pencerahan dari pak menteri. Kami akan menjadikan ini (DBON) sebagai navigasi kami untuk mendesain olahraga minimal di tingkat daerah," pungkansya.

Hadir dalam acara ini Menpora RI Zainudin Amali, Ketua Umum ISORI, Prof. Syahrial Bakhtiar, Rektor Unsri, Prof. Anis Saggaf, Anggota Komisi X DPR, Mustafa Kamal, dan stakeholder olahraga di Sumsel.(rls)