Gubernur Nurdin Jogging dari Pantai Tanjung Bira ke Titik Nol Bulukumba

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Di sela kunjungan kerjanya ke wilayah selatan Sulawesi Selatan, Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah menikmati aktivitas paginya dengan jogging di Kawasan Bira, Kabupaten Bantaeng.

Ia menempuh jarak 4,4 Km dari Pantai Pasir Putih Bira ke Titik Nol Sulsel. Ia mengenakan setelen training berwarna merah, sepanjang jalan juga berinteraksi dengan warga. Ia sebelumnya telah berkunjung dengan Bupati Bulukumba pada malam mengecek pengerjaan kawasan tersebut. 

Pemkab Bulukumba dan Pemprov Sulsel berkolaborasi membangun kawasan Bira. Demikian juga Pemerintah Pusat ikut membantu. Objek wisata Titik Nol Sulsel menjadi objek alternatif selain Pantai Bira dan Pantai Bara.

"Pantai Bira ini adalah sebuah pantai yang indah," kata Nurdin Abdullah.

Ia menilai peluang untuk mengembangkan daerah ini masih sangat besar. 

Karakteristik yang dibangun orang kenikmati pantai dengan menelusuri garis pantai. Atau dengan membangun pedesterian.

Pemerintah membangun sebuah pedesterian yang berada di sebelah timur Kawasan Tanjung Bira. Dimana wisatawan bisa menikmati view laut termasuk kapal yang menyeberang ke Selayar.

"Saya yakin Bira ini, walaupun banyak pantai lain. Tapi ini spesifik, kita punya pasir putih. Di Titik Nol ini yang kita manfaatkan adalah view. Jadi sangat opportunity membangun hotel masih sangat besar," sebutnya.

Kadis Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng, menjelaskan, Pemkab direncanakan akan membangun teras Tanjung Bira dan Jembatan Kaca.

"Kita mau lanjutkan adalah teras Tanjung Bira mudah-mudahan kita dapat alokasi dana di 2021 ini. Sehingga kegiatan itu bisa selesai. Karena sekarang rata-rata pengunjung yang masuk di Bira 90 persen mengarah ke sana (Titik Nol), sehingga kita mau titik nol dan fasilitas pendukung di dalamnya," jelasnya.(rah)