Gol Penalti Menangkan Barito Atas PS TNI 1-0

By Admin

nusakini.com-- Barito Putera menjamu PS TNI  di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu (13/11). Tampil sebagai tuan rumah,Barito Putera berupaya menggebrak permainan sejak menit awal babak pertama. Serangan mengalir deras ke pertahanan PS TNI. Adam Alis, Paulo Sitanggang, Thiago Amaral maupun Luis Carlos silih berganti memberikan tekanan. 

Setidaknya dua peluang dimiliki Luis Carlos dalam durasi lima menit, namun masih belum membuahkan hasil. Hingga aksi cerdik Paulo Sitanggang yang menyisir sisi kiri pertahanan dan masuk kotak penalti terpaksa dihentikan paksa. Wasit Djumadi Effendi tak segan menunjuk titik putih. 

Penalti pun diberikan kepada Barito Putera atas pelanggaran itu. Luis Junior, yang jadi eksekutor, berhasil mengemban tugas dengan baik untuk menjadikan Barito unggul 1-0 pada menit ke-15. 

Namun, selepas penalti itu, tepatnya memasuki menit ke-20, permainan tuan rumah justru menurun. Hal ini dimanfaatkan PS TNI untuk balas menekan. PS TNI mampu mendominasi permainan dan menghasilkan lebih banyak peluang dengan berbagai variasi serangan. 

Tidak heran bila sepanjang babak pertama, PS TNI unggul jauh dalam penguasaan bola, yakni 63 persen berbanding 37 persen untuk Barito. Hanya, upaya Pandi Lestaluhu cs. itu belum mampu menjebol gawang Teguh Amiruddin sehingga hingga turun minum, skor 1-0 untuk Barito tidak berubah.

Di babak kedua, saling serang kembali terjadi. Hujan yang turun membuat permainan berjalan dalam tempo sedang. Barito berupaya menggandakan gol sedangkan PS TNI berusaha menghindarkan diri dari kekalahan. 

Pada menit ke-61 Luis Junior kembali menggetarkan jala gawang Teguh Amiruddin. Namun, Djumadi Effendi menganulir gol itu karena sang penyerang dianggap sudah lebih dulu dalam posisi offside. 

Serangan yang dicoba dibangun kedua tim hingga 15 menit jelang bubaran tetap belum mampu mengubah skor. Amirul Mukminin sempat mengagetkan dengan tembakan yang dilepaskannya pada menit ke-82. Hanya tembakan itu masih melayang di atas mistar gawang PS TNI. 

Turunnya stamina pemain di kedua tim, 10 menit jelang waktu normal berakhir, membuat Barito maupun PS TNI lebih banyak memainkan bola di sektor tengah sambil menanti momen tepat untuk menyerang.  

Pada menit ke-87, Teguh Amiruddin mampu menggagalkan gawangnya dari potensi kebobolan untuk kedua kalinya setelah ia menepis tembakan Luis Carlos. (b/ab)