Gerindra Telah Rekomendasikan Cagub dan Cawagub di 15 Provinsi, Sulsel Belum Ada

By Admin


JAKARTA -- Partai Gerindra telah mengeluarkan surat rekomendasi pencalonan gubernur dan calon wakil gubernur di sejumlah daerah. Setidaknya ada 15 wilayah pilkada yang telah diputuskan Gerindra terkait pencalonan kepala daerah.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan partainya terus melakukan pemetaan (mapping) pemenangan di berbagai wilayah. Dia mengatakan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, terus memantau situasi perkembangan politik di daerah-daerah menjelang pilkada.

"Kami dari Partai Gerindra, sedang terus melakukan survei pendalaman dari berbagai macam potensi kader dan tokoh-tokoh yang beredar di masyarakat untuk diharapkan memimpin, baik gubernur, bupati, wali kota atau wakilnya di seluruh Indonesia. Mapping melalui survei dan pandangan, serta pendapat pemikiran yang terekam terus kami dalami dan Pak Prabowo selalu memonitor situasi dan kondisi itu di setiap provinsi, kabupaten/kota," ujar Muzani, Selasa (16/7/2024).

Muzani mengatakan Prabowo terus menyerap aspirasi dari berbagai tokoh dalam mematangkan keputusan pencalonan di pilkada. Dia mengatakan pihaknya juga berkomunikasi dengan partai-partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Pak Prabowo juga selalu mendengar apa kata tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh profesi dan tokoh-tokoh di daerah tentang siapa yang layak untuk memimpin menjadi calon gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati dan wali kota serta wakil wali kota. Pak Prabowo juga selalu dari berbagai macam pandangan dari kalangan internal Gerindra dan partai-partai Koalisi Indonesia Maju," kata Muzani.

"Karena waktu semakin dekat tentu saja Pak Prabowo harus memutuskan sebagai ketua umum dan ketua dewan pembina Partai Gerindra untuk mengajukan orang-orang terbaik yang dianggap bisa mewakili masyarakat di provinsi, di kabupaten dan kota tersebut," imbuh dia.

Muzani menyebutkan sampai saat ini Gerindra telah mengeluarkan rekomendasi cagub dan cawagub di sebanyak 15 provinsi. 

Dari 15 provinsi tersebut, cagub dan cawagub untuk Sulawesi Selatan belum diputuskan. 

Berikut daftar pencalonan Gerindra di Pilkada 2024:

Sulawesi Tengah: Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri

Jawa Timur: Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak

Banten: Andra Soni dan Achmad Dimyati Natakusumah

Sulawesi Utara: Yulius Selvanus

Sulawesi Tenggara: Andi Sumagerukka

Sumatera Utara: Bobby Afif Nasution dan Surya

Sumatera Barat: Mahyeldi Ansharullah dan Vasco Ruseimy

Kalimantan Timur: Rudy Mas'ud dan Seno Aji

Lampung: Rahmat Mirzani Djausal

Riau: Muhammad Nasir dan Muhammad Wardan

Kepulauan Bangka Belitung: Erzaldi Rosman Djohan dan Yuri Kemal Fadlullah

Nusa Tenggara Barat: Lalu Muhamad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri

Kalimantan Selatan: Raudatul Jannah dan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha

Kalimantan Utara: Zainal Arifin Paliwang dan Ingkong Ala

Papua Barat: Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani. (*)