nusakini.com - Internasional - Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Penyatuan Dunia, lebih dikenal sebagai Gereja Unifikasi, mengklaim bahwa gereja dan anggotanya di Jepang menghadapi ancaman pembunuhan dan kejahatan kebencian setelah pembunuhan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Ancaman-ancaman tersebut merupakan reaksi terhadap praktik donasi "kasar" dari gereja, yang didirikan oleh Moon Sun-myung yang mengaku sebagai mesias pada tahun 1954 di Seoul.

Tetsuya Yamagami, tersangka pria bersenjata dalam pembunuhan Abe selama pidato kampanye di kota Nara pada 8 Juli, mengaku kepada polisi bahwa dia datang untuk menyimpan dendam terhadap mantan perdana menteri atas dugaan hubungannya dengan gereja. Ibu Yamagami dilaporkan memberikan sumbangan besar ke Gereja Unifikasi yang membuatnya bangkrut.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Senin (18/7), markas besar gereja di Korea Selatan menyalahkan media atas apa yang disebutnya laporan berita "tidak akurat dan bias", menyusul konferensi pers yang diselenggarakan oleh sekelompok pengacara Jepang pada 12 Juli yang diklaim memicu serangkaian media yang jahat terhadapnya.

Sejak itu, gereja mencatat bahwa beberapa laporan media telah diproduksi semata-mata berdasarkan komentar dari anggota Jaringan Nasional Pengacara Terhadap Penjualan Spiritual Jepang, sebuah kelompok yang mewakili mantan anggota Gereja Unifikasi dan keluarga mereka.

“Akibat laporan media yang tidak seimbang ini, tidak hanya gereja kami tetapi juga anggota kami difitnah secara serius dan hak asasi mereka dirusak. Liputan media juga dikhawatirkan akan memicu kejahatan rasial terhadap anggota kami,” kata gereja dalam sebuah pernyataan. "Cabang gereja kami di seluruh Jepang telah menerima banyak panggilan telepon dari orang-orang yang mengancam akan membunuh anggota kami. Di situs web kami, pesan kebencian juga telah diunggah."

Ahn Ho-yeol, kepala departemen hubungan masyarakat Gereja Unifikasi di Korea, menunjuk kelompok sayap kanan anti-Korea di Jepang sebagai pihak di balik ancaman pembunuhan.

Dia mengatakan siaran pers dirancang oleh cabang gereja di Jepang dan dirilis di Korea dan Jepang.

"Di Jepang, media tidak tertarik pada pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan kebencian dan mereka sangat fokus pada produksi cerita yang menyoroti praktik donasi gereja," katanya, menjelaskan mengapa markas gereja mengedarkan siaran pers kepada wartawan Korea dan wartawan asing yang berbasis di Seoul.

Gereja Unifikasi menuduh pengacara Jepang menyebarkan "informasi yang salah."

Pengacara Jepang tampaknya menggambarkan Gereja Unifikasi sebagai jahat dan menggambarkan Yamagami dan ibunya sebagai korban dari praktik donasi eksploitatif gereja.

"Dengan pernyataan pedas ini, mereka mencoba membenarkan tindakan teroris yang membunuh Abe," kata gereja tersebut.

Ini adalah siaran pers resmi kedua Gereja Unifikasi mengenai pembunuhan Abe dan dampaknya terhadap gereja setelah yang sebelumnya dirilis pada 11 Juli.

Siaran pers kedua datang di tengah peningkatan laporan media asing yang menjelaskan praktik sumbangan gereja.

Hiroshi Yamaguchi, seorang pengacara kelompok tersebut, seperti dikutip Japan Times mengatakan bahwa tindakan Yamagami, yang merenggut nyawa mantan perdana menteri, benar-benar biadab dan tidak akan pernah bisa dimaafkan.

"Tetapi jika laporan tentang motifnya bahwa sumbangan besar ibunya ke Gereja Unifikasi menyebabkan kehancuran keluarga dan membuatnya pendendam adalah benar, maka kita dapat memahami betapa sakitnya dia pasti menderita karena tindakan ibunya," katanya. .

Kematian Abe, sementara itu, telah mengintensifkan perebutan kekuasaan di Gereja Unifikasi yang diperangi. Gereja sudah terpecah menjadi dua setelah pendirinya meninggal karena komplikasi pneumonia pada tahun 2012.

Pada hari Selasa (19/7), Kwak Chung-hwan, mantan presiden Federasi Keluarga untuk Perdamaian dan Penyatuan Dunia yang pernah disebut sebagai orang nomor 2 di gereja ketika pendirinya masih hidup, mendesak gereja dan anggotanya untuk bertobat setelah peristiwa tersebut. pembunuhan Abi.

"Saya terkejut dengan berita bahwa tersangka menargetkan Abe karena dia menyimpan dendam terhadap Gereja Unifikasi," katanya saat konferensi pers yang diadakan di Hotel Koreana di pusat kota Seoul. "Saya telah berada di beberapa posisi kepemimpinan yang berbeda di gereja untuk waktu yang lama, jadi saya pikir saya ikut bertanggung jawab atas kematiannya. Saya menyampaikan permintaan maaf yang tulus."

Kwak mengatakan pembunuhan Abe adalah pengingat mengerikan dari Gereja Unifikasi yang tergelincir dan mendorong para pemimpinnya saat ini untuk bertobat dan menawarkan permintaan maaf kepada publik Jepang serta negara-negara lain.

Kwak adalah ayah mertua Moon Hyun-jin, putra pendiri gereja. Moon juga merupakan pendiri kelompok nirlaba Global Peace Foundation yang berbasis di Washington D.C. Moon yang lebih muda berpisah dari gereja setelah kematian ayahnya pada tahun 2012.

Selama konferensi pers, dia membela Moon yang lebih muda, mengatakan dia adalah pemimpin visioner yang cukup berwawasan untuk meramalkan masalah praktik donasi berlebihan gereja bertahun-tahun yang lalu dan mengambil tindakan untuk mencegahnya.

Ditanya apakah yang dikatakan Kwak selama konferensi pers adalah sikap resmi Gereja Unifikasi, Ahn, juru bicara, mengatakan Kwak telah meninggalkan gereja bertahun-tahun yang lalu dan dengan demikian dia tidak dalam posisi untuk mewakili gereja lagi. Apa yang dia katakan adalah pandangannya sendiri dan tidak ada hubungannya dengan Gereja Unifikasi, tambah Ahn. (koreatimes/dd)