Gerakan Satu Juta Masker, #WANIMASKERAN Merambah Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Surabaya-Gerakan #WANIMASKERAN bukan lagi gerakan lokal. Meski awalnya ditujukan untuk membuat Surabaya dan Jawa Timur menjadi zona hijau, namun kini seluruh Bonek di Indonesia telah turut serta. 

Tidak hanya di pulau jawa, gerakan #wanimaskeran muncul di hampir seluruh pulau di Indonesia. Di pulau Sumatera diwakili oleh komunitas Bonek Ranah Minang. Mereka membagikan masker di daerah Pasaman dan sekitarnya. 

Untuk pulau Kalimantan terdapat beberapa komunitas yang ikut serta. Diantaranya adalah komunitas Bonek Berau dan Balikpapan yang turun membagikan masker kepada masyarakat. 

Geser ke arah timur, Bonek Ambon juga tidak mau kalah. Mereka bergerak ke beberapa titik yang menjadi tempat berkumpul masyarakat. 

Di saat yang sama, dari Papua terdapat tiga elemen Bonek yang menyemarakkan Satu Juta Masker. Bonek Jayapura, Sorong dan Manokwari bergerak mengkampanyekan Tri Wani di masing-masing kota. 

Tulus Budi sebagai salah satu perwakilan Bonek yang berada di luar Surabaya mengatakan, usaha Bonek luar kota untuk ikut dalam gerakan #WANIMASKERAN sudah sepatutnya diapresiasi. Karena tidak sedikit dari mereka yang menyisihkan uang mereka untuk membeli sendiri masker yang akan dibagikan. Bahkan di beberapa tempat suporter fanatik Persebaya tersebut tidak hanya membagikan masker namun juga roti maupun makanan ringan lainnya. 

"Sudah sepatutnya kampanye Tri Wani dan gerakan #WANIMASKERAN ini menjadi gerakan nasional, karena Covid-19 tidak hanya menyerang satu kota namun seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia," terang pria yang akrab disapa Cak Tulus tersebut. "Semoga selanjutnya makin banyak yang mendukung gerakan ini, sehingga mimpi untuk menendang Corona dari Indonesia segera tercapai," pungkasnya di situs klub. (p/ab)