Gerakan Nasional Panen Air, Kementan Siapkan Rp10 Triliun

By Admin


nusakini.com - Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani, di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung di Cirebon pada 26 hingga 27 Mei 2016 mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Lingkungan Hidup, Kehutanan (KLHK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) bergandengan dalam menjamin kebutuhan air irigasi.

Oleh karena itu, Kementan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) memulai kegiatan investigasi dan desain pengelolaan sistem irigasi di lahan tadah hujan, lahan dengan irigasi sederhana dan lahan kering yang telah ditetapkan fokus di lahan seluas 4 juta hektar di seluruh Indonesia.

"Menteri Pertanian telah menginstruksikannya pada sebuah pertemuan khusus agar segera dilaksanakan gerakan nasional tentang panen air ini dan siap sediakan dana sekitar Rp10 triliun pada tahun 2016," kata Ani Andayani. 

Menurut Ani Andayani, kegiatan investigasi dan desain dilaksanakan Balitbangtan dan implementasinya oleh Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian. Kegiatan ini diharapkan menjadi desain masukan bagi Master Plan irigasi yang sedang disusun Kemen PUPR.(if/mk)