GenBI UINAM Gelar Gebyar dengan Tema "The Rise of Millenials : Creative, Innovative, and Productive in Works"

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Gebyar adalah kegiatan yang mencakup empat deputi internal dan tiga deputi eksternal yang bersama-sama menuangkan ide cemerlang dan kreativitasnya dalam satu rangkaian kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat, selaras dengan kegiatan Gebyar GenBI Komisariat UIN Alauddin Makassar dan sehubungan dengan proker Deputi Kerjasama, maka tema yang diambil adalah “The Rise of Millenials : Creative, Innovative, and Productive in Works, senin (27/12/2021).

Gebyar Generasi Baru Indonesia tahun 2021 ini dilaksanakan dengan konsep semivirtual dengan berbagai macam kegiatan yang dikemas semenarik mungkin dengan menghadirkan Webinar Ekonomi Digital, Festival UMKM, Webinar Kesehatan, serta mengadakan lomba-lomba sebagai wadah pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya untuk berkompetisi dan mengembangkan minat serta bakatnya. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa energi positif dan memberikan banyak manfaat baik itu peningkatan pengetahuan masyarakat.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan, kemudian sambutan oleh ketua panitia yaitu Muh. Ilham Anugrah Syam yang mengatakan bahwa Gebyar bertujuan untuk mengimplementasikan pilar dari GenBI yaitu future leader, agent of change dan frontliner. 

“Tujuan dari Gebyar ini adalah bagaimana kita bisa menerapkan tiga pilar GenBI yaitu future leader, agent of change dan frontliner, karena pada kegiatan ini banyak rangkaian acara yang bertujuan untuk mengimplementasikan pilar dari GenBI itu sendiri. Dianta rangkaian acaranya yaitu Bazar dan Dialog Public, GenBI pintar, GenBI Competition diantara rangkaian lombanya yaitu, Essay Competition, Speech Contest, dan Reels Challenge, kemudian ada webinar ekonomi digital dan webinar kesehatan ” kata Ilham.

Setelah laporan ketua panitia dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua umum Abd. Malik yang mengatakan bahwa ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan dan merealisasikan slogan GenBI yaitu Energi untuk Negeri.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama baik itu di kalangan anggota GenBI maupun antar instansi lainnya sehingga slogan yang sering kita gaungkan yaitu Energi untuk Negeri dapat terealisasi, kemudian kami berharap semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan segala bentuk kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang dimana ketiga pilar kita di GenBI dapat terealiasasi dengan maksimal bukan hanya sebagai konsep” ujarnya.

Kemudian dilanjutkan sambutan ketua wilayah GenBI Sul-Sel yaitu Baso Patisangguru sekaligus membuka acara.

“Genbi atau Generasi Baru Indonesia bukan hanya sebuah organisasi tetapi juga sebuah wadah untuk menyalurkan potensi, minat dan bakat anggotanya dengan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat dan mengedepankan 3 fungsi yaitu agent of change, future leader, dan frontliner. GenBI merupakan wadah untuk berkembang, wadah untuk berproses. Telah banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan seperti webinar-webinar seperti kegiatan kali ini yang dirangkaikan dengan berbagai lomba dan webinar, tentunya ini adalah wadah yang sangat bagus untuk mengembangkan potensi” Ujarnya.

Acara pertama yaitu Webinar Ekonomi yang membahas terkait “ How to Maximize Social Media for Business” dengan menghadirkan dua pemateri hebat yaitu Ayu Ruqayyah Yunus., S.EI., M.E.K selaku Dosen UIN Alauddin Makassar/Founder Wehama. dan Muhammad Nurzam Jaya selaku pengusaha serta Mentor Perusahaan CV, MBCI/Rizawa Official Collection. 

Kemudian untuk webinar kesehatan membahas terkait “Remaja Sehat dan Hebat Wujudkan Energi untuk Negeri” dengan pemateri yaitu Aida Ramadhani Amir, S.Ikom (fasilitator remaja/duta generasi berencana sulsel 2018), dan Aviva R. Scholten (Mahasiswa Psikologi/Mahasiswa berprestasi tingkat 1 UNM ).

Setelah kedua webinar selesai, selanjutnya pengumuman lomba dari tiga cabang lomba yaitu Getar (GenBI pintar), Speech Contest, dan Reel Challenge. 

Acara terakhir dari rangkaian Gebyar yaitu Family Gathering dimana ada special Perform dari pengurus-pengurus GenBI UINAM &, berbagai macam games seru dan terakhir sharing session.(rilis)