Gelar Internalisasi ASN BerAKHLAK, Plt. Sekjen Kemendagri Tegaskan Pentingnya Bekerja dengan Penuh Kesungguhan

By Admin


nusakini.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berkomitmen membangun Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Kemendagri maupun Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) agar memegang core values BerAKHLAK. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Tomsi Tohir menegaskan, untuk mewujudkan ASN BerAKHLAK hal utama yang harus dilakukan adalah bekerja dengan penuh kesungguhan, membuat terobosan terbaik, dan memberikan pelayanan yang memudahkan masyarakat.

"Saya dengan pekerjaan sungguh-sungguh untuk berpikir apa yang akan saya lakukan, sama teman-teman ASN juga [harus] berpikir merenungkan pekerjaannya," katanya dalam cara Internalisasi Core Values BerAKHLAK dan Peningkatan Kapasitas ASN Kemendagri dan BNPP melalui Program Kemendagri Merdeka Belajar. Kegiatan ini berlangsung di Gedung F Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Menjadi ASN, lanjut Tomsi, bukanlah perkerjaan yang mudah. Dalam perjalanan kariernya, ASN kadang berhadapan dengan kondisi pekerjaan yang tidak nyaman. Namun demikian, Tomsi meminta ASN Kemendagri dan BNPP untuk tetap memberikan kontribusi kinerja terbaik.

"Saya pengen teman-teman ini semangat kerjanya terus berpikir fokus mendapatkan nasib mujur, teman-teman harus nilainya bagus dari kehidupan yang bisa membawa kita pada semangat hidup dan bekerja," ujarnya.

Tomsi menjelaskan, untuk mendapatkan suatu jabatan terbaik harus dibarengi dengan kerja keras dan dedikasi tinggi sebagai abdi masyarakat. Dirinya berpesan kepada seluruh ASN Kemendagri dan BNPP untuk menggunakan cara yang baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. "Terus semangat supaya hasilkan yang terbaik," tambahnya.

Sementara itu, Pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar yang hadir sebagai pembicara mengatakan, untuk menjadi ASN BerAKHLAK harus mempunyai headset, mindset, soulset, dan heartset. "Bagaimana kita bisa berubah dan memberikan manfaat sebaik-baiknya agar kita tidak hanya berhasil tapi juga hidup dalam keberkahan," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, acara tersebut dihadiri Kepala Biro Kepegawaian Kemendagri Dian Andy Permana, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Kemendagri Evan Nur Setya Hadi, serta pejabat Kemendagri lainnya. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh seluruh ASN Kemendagri dan BNPP. (*)