Gegara Alex Ferguson Thierry Henry Tak Jadi ke Man-U

By Abdi Satria


nusakini.com-Manchester - Legenda sepakbola Arsenal dan tim nasional Perancis, Thierry Henry ternyata pernah berkeinginan bermain di Manchester United (Man-U). Tapi, tak jadi karena pelatih Man-U, Sir Alex Ferguson menampiknya karena dinilai rentan cedera.

Henry akhirnya merapat ke Arsenal pada 1999 dari Juventus. Ia didatangkan oleh Arsene Wenger dengan nilai transfer 11 juta poundsterling.

Henry menyandang status pencetak gol terbanyak sepanjang masa Meriam London dengan 228 gol. Ia juga turut membantu Arsenal meraih dua gelar Liga Inggris.

Fakta ini diungkap oleh mantan ketua keamanan MU, Ned Kelly. Salah satu tugas dari Kelly saat itu adalah mengawal dan menyampaikan pesan ke Ferguson. 

Kelly mengetahui bahwa Henry ingin merumput di Old Trafford dari pesan adik Eric Cantona, Jean-Maris Cantona. Keinginan pria asal Prancis ini kemudian harus bertepuk sebelah tangan. Ferguson menilai Henry rentan cedera dan tak ingin merekrutnya. 

"Di lorong stadion setelah laga ada telepon dari adik Eric, Jean-Marie. Ia mengatakan, 'Ned katakan ke Alex bahwa Thierry Henry merapat ke klub'," ujar Kelly kepada BeIN Sports dikutip dari Metro. 

"Saat itu, pilihan pertamanya sebelum ke Arsenal adalah Man-U. Saya kemudian menyampaikan ke bos dengan mengatakan, 'bos saya baru saja dihubungi Jean-Marie di telepon. Dia mengatakan Henry ingin datang ke klub ini. 

"Dia kemudian menjawab,' tidak mungkin, dia sering cedera. Dia lalu pergi ke Arsenal dan membuat sejarah di sana," tambahnya. (d/ab)