Garuda Indonesia dan Airbus Tandatangani Kesepakatan Pembelian 14 Pesawat Baru

By Admin


nusakini.com - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, di Downing Street Number 10, London, Selasa (19/4/2016) Pukul 11.30 waktu setempat, selain membicarakan masalah ekstremisme yang dihadapi oleh semua negara di masa sekarang ini, juga dibahas upaya untuk mempererat hubungan perekonomian kedua negara.

“Hari ini kedua pemimpin mereview kemajuan, dan juga menandatangani kerjasama melalui MoU antara Airbus dan Garuda. Kesepakatan besar lebih dari 1 miliar pounds. Harapan kami jumlah deals yang ditandatangani di London lebih besar dari negara lain selama tahun ini,” kata Dubes Inggris di Jakarta, Moazzam Malik, kepada wartawan usai pertemuan di kantor PM Inggris itu.

Menurut Moazam, kesepakatan itu adalah pembelian 14 pesawat baru oleh Garuda Indonesia. Sebagian komponen pesawat dibuat di Inggris dan sebagian dibuat di negara lain di Eropa. Tapi pesawat ini menggunakan mesin Roll Royce.

Selain itu, juga ada kesepakatan untuk bekerjasama antara Garuda dan Roll Royce untuk melatih junior, insinyur dan teknisi Indonesia di Indonesia.(if/mk)