Garda Patih Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

By Admin


nusakini.com - Bogor - Sekitar 40an pengurus Garuda Pengawal Merah Putih (Garda Patih) mendeklarasikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI tahun 2024. Deklarasi Garda Patih to Ganjar Presiden (GP to GP) digelar di hotel Grand Cempaka, Mega Mendung Bogor pada Kamis, 23 September 2021.

"Kami Garuda Pengawal Merah Putih menyatakan siap mendukung Bapak H Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029", demikian salah satu butir deklarasi yang dibacakan Ketua Harian DPN Garda Patih, Rendy Septia Maulana. Mereka juga siap memenangkan pencalonan Ganjar dengan cara yang sportif, bermoral, bersih dan penuh tanggung jawab.

Ketua Umum DPN Garda Patih Denny Maulana memastikan dukungan kepada Ganjar Pranowo itu merupakan permintaan dari para anggota Garda Patih dari berbagai daerah dan masyarakat pada umumnya. Selain itu, Garda Patih jatuh hati pada sosok Ganjar Pranowo yang dinilai layak menjadi pemimpin nasional penerus Jokowi.

"Terus terang kami jatuh hati pada sosok figur pak Ganjar yang sederhana, bersahaja dan merakyat. Beliau bisa mewakili semua kalangan," tandas Denny Maulana. Ganjar juga dianggap sebagai kader dari salah satu partai yang tidak didasarkan pada ambisi kekuasaan tapi terlahir karena kondrat alam sebagai seorang pemimpin.

Bersamaan dengan deklarasi, para relawan Garda Patih to Ganjar Presiden juga mengadakan bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada warga miskin di wilayah Sukamakmur dan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Tak hanya itu, mereka juga memborong dagangan beberapa usaha kecil di Gunung Putri dan Cibinong. Kabupaten Bogor.

Untuk dukungan tersebut, Garda Patih akan berusaha mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo ke masyarakat, baik secara langsung door to door, maupun lewat media sosial. "Hal ini penting supaya masyarakat tahu sosok Pak Ganjar apa adanya," ujar Rendy Septia Maulana. Dengan cara itu, mereka berharap elektabilitas Ganjar akan semakin meningkat.

Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan, Garda Patih dibentuk di Bogor pada 26 Mei 2018. Kini, ormas ini sudah melebarkan sayapnya di lima provinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, NTB, Sumatera Utara, Banten, dan Maluku. 

Di Jawa Barat sendiri, Garda Patih sidah berada di 27 kabupaten/ kota. Di kabupaten Bogor sendiri, anggotanya yang memiliki KTA berjumlah 40 ribuan.

Pada Pilpres 2019 lalu, Garda Patih pernah berperan dalam mendukung pasangan Joko Wido-Mahruf Amin. Garda Patih juga pernah berperan dalam memenangkan Pilkada kabupaten Bogor tahun 2018, yakni pasangan Hj. Ade Munawaroh Yasin- Iwan Setiawan. Kebetulan Ade Yasin merupakan pembina DPN Garda Patih. (*)