Ganjar Beri Signal Bakal Gandeng Orang Bugis di Pilpres 2024?

By Admin


nusakini.com - Makassar - Beredar berita dan foto Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo mengenakan Songkok Recca dan Lipa Sabbe ciri khas Bone membuat muncul persepsi Ganjar Pranowo beri signal kepada tokoh-tokoh Bugis untuk dijajaki menuju pilpres 2024.

Sejauh ini ada tokoh Bone yang santer diberitakan sebagai balon Cawapres kuat mewakili Kawasan Indonesia Timur. Tokoh Bone tersebut adalah Menteri Pertanian diera Presiden Jokowi-Jusuf Kalla yakni Andi Amran Sulaiman (AAS). 

Beredarnya foto-foto Ganjar menggunakan Songkok Recca dan Lipa Sabbe ciri khas Bone membuat nitizen langsung kaitkan dengan AAS. Lantas apakah Ganjar akan kuat jika betul ingin menggandeng tokoh Bugis, AAS ?

Menurut Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir, jika betul Ganjar Pranowo ingin menggandeng AAS berpasangan menuju pilpres 2024, maka itu adalah pilihan sangat rasional.

“Karna hasil survei PT IPI dikawasan Indonesia Timur Memang Pasangan Ganjar - AAS paling disukai saat PT IPI melakukan survei di kawasan intim bulan lalu. Pasangan Ganjar - AAS unggul dikawasan Intim di 17 Provinsi”, kata Suwadi, Jumat (29/10).

Lanjut Suwadi, landasan pasangan Ganjar-AAS unggul karena menurut masyarakat Indonesia Timur, Ganjar adalah tokoh dengan gaya berpolitik mirip Jokowi namun Ganjar lebih ramah dan lebih komunikatif ke publik. Sehingga Ganjar dianggap sebagai tokoh cerdas dan merakyat.

“Sedangkan AAS dianggap yang paling tepat menggantikan sosok Pak Jusuf Kalla (JK) mewakili kawasan Intim menuju pilpres 2024. Selain itu AAS dianggap figur bersih, Inovatif, dan paling siap cost politik untuk maju di pilpres 2024”, imbuhnya. 

Selain itu menurut Suwadi, geopolitik Ganjar dan AAS saling melengkapi. Ganjar kuat di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jogjakarta, Bali, dan Sumatra.

Sedangkan AAS, kata Suwadi, walaupun masih bersaing dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Sandiaga S. Uno di kawasan Intim, namun potensi AAS untuk maju mewakili Intim lebih siap. Keunggulan AAS juga karena dia mampu menyiapkan parpol serta lebih siap secara cost politik. Dengan begitu, AAS mampu mengatasi kebutuhan parpol dan pergerakan tim sukses serta relawannya.

“Untuk itu memang sudah tepat jika Ganjar mengincar AAS untuk berpaket di pilpres 2024”, tutir Suwadi. (*)