Futsal Sea Games: Indonesia Bermain Imbang 1-1 dengan Tuan Rumah Vietnam

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Timnas Futsal Indonesia ditahan Vietnam 1-1 pada pertandingan pertama SEA Games 2021 di Ha Nam Gymnasium, Rabu (11/5).

Indonesia dikejutkan gol cepat Vietnam pada awal babak pertama lewat tendangan kaki kiri Nguyen Minh Tri mengoyak gawang M Albagir. Xavier terlambat menutup ruang tembak Minh Tri.

Indonesia masih kesulitan menembus pertahanan Vietnam. Sampai dengan pertandingan berjalan delapan menit, Indonesia belum mendapatkan peluang gol.

Vietnam kembali memiliki peluang lewat tendangan bebas Tran van Vu, namun kiper M Albagir dalam posisi yang tepat dan bisa melakukan blok.

Vietnam memberikan pengawalan ketat kepada Indonesia. Akan tetapi penjagaan ini tidak dilakukan dengan rapat melainkan dengan sedikit jarak guna mengantisipasi kecepatan pemain-pemain Indonesia.

Kesulitan membongkar pertahanan Vietnam membuat Indonesia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tendangan Firman Adriansyah menyamping di sisi kiri gawang Vietnam.

Ancaman kembali diberikan Indonesia, kali ini lewat tendangan kaki kiri Ardiansyah Runtuboy melayang di atas mistar Ho Van Y.

Muhammad Albagir membuat sejumlah penyelamatan penting lawan Vietnam. (Dok PSSI)

Secara perlahan Indonesia mulai menemukan celah dalam di pertahanan Vietnam dengan melepaskan tendangan ke gawang. Tendangan Evan Soumilena ke tiang dekat mengenai kaki kiper Vietnam.

Albagir kembali membuat penyelamatan gemilang setelah satu lawan satu dengan nomor 16.

Indonesia memiliki sejumlah peluang pada pengujung babak pertama. Salah satunya lewat tendangan bebas Evan Soumilena yang membentur pemain lawan.

Vietnam nyaris menggandakan kedudukan pada awal babak kedua akibat kesalahpahaman pemain Indonesia. Namun peluang tuan rumah itu hanya membentur tiang gawang.

Minh Tri kembali membuat Indonesia waswas. Tendangan kaki kanan Minh Tri ditepis Albagir, bola rebound disambut dengan tendangan kaki kiri, namun kembali ditepis Albagir.

Indonesia melancarkan serangan balasan lewat Rizki Xavier. Tetapi tendangan Xavier melayang di atas gawang.

Permainan Indonesia di babak kedua lebih cair dan leluasa menekan Vietnam. Akan tetapi solidnya pertahanan Vietnam membuat Indonesia kesulitan mencetak gol penyeimbang.

Di pertengahan babak kedua Syauqi memiliki peluang gol setelah tendangannya ditepis kiper Ho Van.

Ardiansyah Runtuboy gagal memanfaatkan peluang dari sudut sempit di sisi kiri gawang lantaran tendangannya diblok kiper.

Gol yang ditunggu-tunggu Indonesia tercipta lewat Syauqi Saud Lubis. Aksi individu Syauqi usai mengecoh satu pemain lawan dituntaskan dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Pada menit-menit akhir Vietnam mendapatkan peluang melalui Minh Tri, namun kembali digagalkan Albagir. (CNN)