Fosil Jejak Kaki Dinosaurus di Cina dinamakan "Nobita"

By Nad

nusakini.com - Internasional - Sebuah fosil jejak kaki dari spesies dinosaurus baru yang ditemukan di Cina tahun lalu telah diberi nama "Eubrontes nobitai" sebagai tribut dari karakter "Nobita" dari kartun Jepang Doraemon.

Xing Lida, seorang profesor asosiasi di Universitas Ilmu Kebumian Cina di Beijing, yang menamakan fosil yang mirip ikan mas yang sedang berenang. Ia mengatakan bahwa film-film Doraemon mengenai dinosaurus sangat bagus.

Xing menyatakan film "Dinosaurus Nobita" pada tahun 1980 dan "Dinosaurus Baru Nobita" pada tahun 2020 membuat banyak anak-anak menyukai dinosaurus. Ia juga mengatakan Doraemon adalah kenangan bersama warga Cina yang lahir pada tahun 1980an.

Fosil ini ditemukan saat bulan Juli 2020 di provinsi Sichuan, Cina. Tiga jari gemuk terlihat terbaris dan jarak antara empat jejak kaki adalah sekitar 50 cm.

Panjang telapak kaki itu sekitar 30 cm, dan panjang tubuhnya diperkirakan sekitar 4 meter. Fosil ini diakui memiliki hubungan dengan spesies dinosaurus karnivora baru, Eubrontes. Risalah ini diterbitkan pada hari Senin (5/7).

Xing mengatakan ia mengirim replika fosil ke Museum Nasional Tokyo dan perusahaan produksi Fujiko Pro Co. Mendiang Fujiko F. Fujio adalah salah satu pencipta Doraemon.