Forum DAS DKI Jakarta Tanam Kopi dan Tebar Benih Ikan di Ciliwung

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) DKI Jakarta secara simbolis menanam pohon kopi dan menebar benih ikan di Kali Ciliwung, Minggu (23/1).

 Kita berharap, nantinya pelestarian daerah aliran sungai ini bisa lebih baik lagi.

Kegiatan ini dilakukan usai pelaksanaan diskusi Forum DAS DKI Jakarta di pendopo Padepokan Ciliwung Jl H. Mursali RW 01 Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Kegiatan diskusi dihadiri oleh Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI Afan Adriansyah Idris, Wakadis Lingkungan Hidup DKI, Syarifudin, anggota DPRD DKI Yuke Yurike, staf ahli Kementerian Pendidikan dan Ristek RI, Kamaludin dan Camat Kramat Jati, Rudi Syahrul.

Usai diskusi, mereka secara simbolis menanam 10 pohon kopi di bantaran Kali Ciliwung, serta menebar tiga kantong plastik benih ikan Nila.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI, Afan Adriansyah Idris mengatakan, kehadiran Forum DAS ini sangat membantu Pemprov DKI dalam pelestarian alam, seperti di kawasan bantaran Kali Ciliwung ini.

"Kita berharap, nantinya pelestarian daerah aliran sungai ini bisa lebih baik lagi. Masyarakat juga harus turut menjaga dan merawatnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, mendirikan bangunan liar atau kegiatan lain yang dapat merusak lingkungan," kata Afan.

Terhadap lahan kosong yang masih ada di bantaran kali, lanjut Afan, pihaknya akan melakukan penanaman pohon dengan melibatkan unsur masyarakat.

Sementara, Ketua Forum DAS DKI Jakarta, Chaerudin mengungkapkan, pihaknya akan menanam 1.000 pohon kopi yang tersebar di sejumlah bantaran kali. Di antaranya adalah di bantaran Kali Ciliwung, Kali Pesanggaran, Kali Krukut dan sebagainya.

"Kegiatan ini memiliki nilai peradaban sejarah tentang peradaban sungai, sekaligus untuk konservasi lingkungan," tandasnya. (beritajakarta)