Fornas Palembang, Jateng Raih Perak Terompah Panjang

By Abdi Satria


nusakini.com-Palembang- Kontingen asal Jawa Tengah berhasil meraih prestasi pada pertandingan olahraga tradisional Terompah Panjang di Jakabaring Sport City Palembang, Sabtu (2/7/2022).

Tim Terompah Putra Jawa Tengah meraih posisi kedua. Sedangkan pertandingan dimenangkan Jawa Timur posisi pertama, dan juara ketiga Lampung.

Raihan prestasi Jateng ini membuat bangga tim. Sebab perolehan itu menjadi penghilang rasa lelah setelah susah payah menjadi yang terbaik.

“Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah SWT atas rezekinya. Puaslah bisa semaksimal mungkin membawa Jawa Tengah,” kata satu anggota tim putra Jateng, Andre Arbiansyah, ditemui seusai pertandingan.

Menurutnya, tim telah melakukan persiapan jauh hari agar bisa mendapatkan prestasi terbaik. Kesiapan matang kembali dilakukan setelah dua bulan terakhir atau pascalebaran Idulfitri lalu.

Pihaknya akan kembali mempersiapkan diri menghadapi even serupa tahun depan. Supaya bisa memberikan hasil terbaik untuk Jateng.

“Target tahun depan harus emas,” bebernya optimistis.

Kepala Bidang Organisasi Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina)

Yahya Majid, mengatakan Fornas VI tahun ini ada 12 jenis olahraga yang dipertandingkan.

“Karena visi, misi kami di Portina yaitu bagaimana sehat, bugar, gembira buat masyarakat Indonesia. Kami punya prinsip, olahraga tradisional harus menjadi tuan di rumahnya sendiri,” tuturnya.

Yahya berharap, olahraga tradisional bisa mendunia. Tentu, hal itu perlu mendapat dukungan semua pihak, agar harapan itu bisa terwujud.

Sebagai informasi, pada ajang itu, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah mengirim sebanyak 463 atlet dari 31 induk organisasi olahraga (inorga).(rls)