Format Lama Kualifikasi Lebih Untungkan Rio Haryanto

By Admin


nusakini.com - Manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett menilai kliennya lebih diuntungkan dengan kualifikasi model lama dibanding sistem eliminasi yang kini diterapkan.

Format baru kualifikasi banjir kritikan dari pebalap setelah terbukti berjalan berantakan pada balapan GP Australia di Sirkuit Albert Park, pekan lalu. Meskipun Q1 dan Q3 berlangsung menarik, Q3 terbukti berjalan amburadul. Sesi ketiga kualifikasi menjadi antiklimaks karena tak ada aksi menarik dilintasan. Hampir semua tim hanya turun satu lintasan untuk mencatatkan waktu lap terbaik. Praktis hanya Mercedes yang turun lebih daripada satu lap pada Q3.

Tak heran, para pebalap menuntut otoritas F1 mengembalikan kualifikasi seperti format lama. Namun, tuntutan itu kandas karena dalam pemungutan suara yang melibatkan para pembuat kebijakan di F1 soal kemungkinan mengembalikan kualifikasi ke format lama tak mencapai kata sepakat. Alhasil, format kualifikasi dengan eliminasi tetap dipertahankan untuk balapan GP Bahrain di Sirkuit Sakhir.

Piers tak mengomentari secara spesifik efek keputusan itu untuk Rio. Pria Inggris itu hanya menegaskan imbas keputusan mempertahankan kualifikasi dengan eliminasi dirasakan semua pebalap termasuk Rio. Namun jika punya kesempatan memilih, Piers mengatakan format lama kualifikasi F1 lebih menguntungkan bagi pebalap Manor Racing asal Indonesia tersebut.

"Imbasnya sama untuk semua pebalap. Tetapi, tentu saja format lama mungkin lebih baik untuk tim papan tengah ke bawah (termasuk Rio Haryanto)," ujar Piers, Sabtu (26/3/2016).

Meski format lama lebih cocok untuk Rio, Piers tak mau pesimistis menghadapi kualifikasi di GP Bahrain pekan depan. Menurutnya, kejutan bisa saja muncul dan menguntungkan Rio.(ab)