Festival Musik di Australia Kacau setelah Hujan dan Banjir Melanda

By Nad

nusakini.com - Internasional - Setelah dua tahun tertunda karena Covid, festival Splendor in the Grass berada dalam kekacauan dengan pemegang tiket melaporkan antrian 15 jam, cuaca liar, dan tempat perkemahan yang banjir.

Lapangan Byron Bay dari festival musik terbesar di Australia itu telah dilanda hujan deras minggu ini, dengan ribuan peserta tiba untuk menemukan tempat perkemahan mereka tergenang air. Banyak pengunjung festival – kebanyakan dari mereka telah membayar lebih dari $ 500 masing-masing untuk tiket tiga hari dan tiket berkemah – turun ke media sosial untuk mengeluh, melaporkan antrian panjang untuk masuk karena kendaraan macet atau kehabisan bahan bakar.

Beberapa menjuluki ulang festival sebagao "Splendour in the Lake" sementara yang lain menyerukan agar festival itu dibatalkan seluruhnya. Beberapa penduduk setempat yang baik hati telah menawarkan untuk membantu menarik kendaraan keluar dari lumpur.

Biro Meteorologi mengeluarkan peringatan cuaca buruk untuk distrik sungai utara New South Wales, memperkirakan hujan 30mm lainnya akan turun di Byron pada hari Jumat - tetapi kondisinya bisa mulai mereda pada Sabtu sore.

Pada Jumat (22/7) pagi, penyelenggara Splendor mengumumkan di media sosial bahwa perkemahan utama festival di North Byron Parklands ditutup untuk pendatang baru "karena kondisi cuaca yang sedang berlangsung" dan mengarahkan semua pengunjung yang datang untuk menuju ke Byron Events Farm sejauh 13 km.

Semua pemegang tiket "Accessible, Flashcamp, dan Tent City" akan tetap diterima di taman, dan antar-jemput bus gratis akan disediakan di antara kedua lokasi.

"Cuaca dan kekurangan staf semuanya lebih buruk dari yang diperkirakan," sebuah pesan di halaman Facebook festival mengatakan pada Kamis (21/7) malam. “Kami melakukan yang terbaik yang kami bisa – pertunjukan akan berlangsung walaupun hujan, hujan es, atau cerah.”

Tetapi pengunjung festival mengeluh tentang "kekacauan total" pada saat kedatangan mereka, melaporkan kurangnya komunikasi dari penyelenggara Splendor atau staf di lapangan.

Splendor in the Grass telah dilanda masalah dalam beberapa minggu terakhir. Sedikit lebih dari seminggu sebelum festival, penyelenggara mengklaim bahwa mereka baru saja diberitahu bahwa perubahan "baru" dalam undang-undang berarti bahwa semua pemegang tiket di bawah 18 tahun harus ditemani oleh orang dewasa, memaksa orang tua untuk membayar ratusan untuk bertindak sebagai pendamping. Namun, pejabat NSW menolak klaim ini, mengatakan kepada Guardian Australia bahwa penyelenggara telah diingatkan secara langsung satu bulan sebelumnya bahwa perubahan undang-undang 2019 akan berdampak pada mereka.

Beberapa artis juga menarik diri dari pertunjukan, dengan headliner rock AS Yeah Yeah Yeahs mengumumkan minggu lalu bahwa mereka tidak akan lagi bermain karena masalah kesehatan. Mereka digantikan oleh The Avalanches. Penyanyi Australia Adrian Eagle, band Selandia Baru Mako Road, band AS Surfaces, musisi soul Inggris Tom Misch dan band rock Spanyol Hinds semuanya juga mengundurkan diri, digantikan oleh band lokal termasuk Pond dan Tasman Keith.

Cuaca liar terus melanda pantai timur pada hari Jumat, dengan orang-orang diperingatkan untuk menjauh dari lautan saat sistem cuaca lepas pantai bergerak dari Queensland tenggara ke NSW utara. Pantai-pantai ditutup dan banjir bandang mempengaruhi daerah-daerah di wilayah Burnett Selatan, sekitar tiga jam di barat laut Brisbane. Pengemudi diimbau untuk menjauhi jalan raya.

Total curah hujan lebih dari 100mm telah dilaporkan di pedalaman Sunshine Coast, dengan kota Maleny di antara yang paling parah terkena dampaknya. (theguardian/dd)