Fenomena Equinox Bakal Dialami Indonesia Besok, Ini Penjelasannya

By Admin


nusakini.com Jakarta - Fenomena Equinox bakal dialami Indonesia besok. Sebuah fenomena astronomi di mana matahari melintasi garis khatulistiwa. Hal ini dikatakan Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr. Yunus S Swarinoto dalam keterangan persnya, Minggu (20/3/2016). 

Fenomena ini secara periodik berlangsung 2 kali dalam setahun, yaitu pada tanggal 21 Maret dan 23 September," kata Yunus. Saat fenomena ini berlangsung, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi hampir relatif sama, termasuk wilayah yang berada di subtropis di bagian utara maupun selatan.

Menurut Yunus, keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis. Memang ada peningkatan suhu udara saat terjadi fenomena Equinox. Namun tak akan sampai mencapai 40 derajat celcius seperti isu hoax yang beredar.

"Equinox bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama," ujarnya. (mk)