Fasilitas Taman Jalur Hijau Kosambi Ditambah

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat melakukan penambahan fasilitas di Taman Jalur Hijau Kosambi, Jl Dharma Utama, Duri Kosambi, Cengkareng. Penambahan fasilitas tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan manfaatnya bagi warga.

Kepala Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat, Jauhar Arifin mengatakan, luas Taman Jalur Hijau Kosambi mencapai 29,435 hektare. Penambahan fasilitas yang dilakukan di antaranya menghadirkan area jogging track, danau buatan, lapangan futsal, bangku duduk dari kayu, spot foto, jalur sepeda BMX serta fasilitas bermain seperti ayunan.

"Awal tahun 2000 Taman Jalur Hijau Kosambi sempat terendam banjir dan merusak fasilitas yang ada di dalamnya. Secara bertahap fasilitas tersebut kami perbaiki dengan menggandeng berbagai pihak seperti Sudin Sumber Daya Air Jakarta Barat," ujar Jauhar

Pihaknya, sambung Jauhar, kembali membangun danau, memperbaiki dan menambah jalur sepeda, serta membuat bangku yang berasal dari kayu hasil pemangkasan pohon.

Ditambahkan Jauhar, pihaknya mengaku harus membatasi jumlah pengujung yakni sebanyak 50 persen dari total luas taman atau hanya sebanyak 200 pengunjung setiap harinya. Protokol kesehatan (prokes) ketat pun diterapkan bagi para pengunjung seperti melakukan pemeriksaan suhu tubuh, wajib memakai masker, dan mencuci tangan.

"Pembuatan dan penambahan fasilitas tersebut tidak menggunakan biaya dari APBD melainkan memanfaatkan tenaga PJLP Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Barat serta memanfaatkan bahan baku yang ada," katanya.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan menjaga segala fasilitas yang ada supaya semua fasilitas tersebut dapat terjaga dengan baik dan dapat dinikmati masyarakat dalam waktu yang lama.