Fakta yang Terjadi Usai Man-U Ditekuk Palace Di Old Trafford

By Abdi Satria


nusakini.com-Manchester - Manchester United takluk ditangan Crystal Palace dengan skor 1-3 di Old Trafford, Sabtu (19/9). Bagi The Red Devils ini kekalahan yang memalukan karena sejatinya mereka lebih unggul dalam permainan.

Pada pertandingan ini, Man-U unggul penguasaan bola mencapai 70 persen. Mereka juga mendapat 17 peluang, tapi hanya empat yang mengarah ke gawang. Sedangkan Palace membuat 14 percobaan dengan lima mengarah ke gawang 

Dominasi itu jadi percuma, karena Man-U diberondong tiga gol oleh si Elang melalui Wilfried Zaha (dua gol) dan Andros Townsend. Sedangkan satu-satunya gol balasan tuan rumah terlahir dari sontekan pemain debutan Donny van de Beek di babak kedua. 

Kekalahan tersebut mengantar MU ke posisi bawah klasemen sementara Liga Inggris. Tanpa poin, MU berada di posisi 16 sedangkan Crystal Palace merangsek ke urutan dua dengan enam poin hasil dua pertandingan.

Berikut ini adalah delapan data dan fakta kekalahan Manchester United dari Crystal Palace yang dirangkum dari BBC Sports: 

- Crystal Palace meraih dua kemenangan tandang beruntun melawan Man United untuk pertama kalinya. Mereka adalah tim London kedua yang bisa meraih kemenangan beruntun di Premier League di Old Trafford sejak Tottenham Hotspur pada 2012/13 dan 2013/14. 

- Manchester United menderita kekalahan pertama di kandang sendiri dalam pertandingan Premier League hanya untuk ketiga kalinya. MU juga kalah saat melawan Everton pada 1992/93 dan Swansea pada 2014/15. 

- Crystal Palace mencetak lebih dari dua gol untuk pertama kalinya dalam 40 pertandingan Premier League, sejak mengalahkan Bournemouth 5-3 di laga terakhir musim 2018/19. 

- Pemain Palace Wilfried Zaha untuk pertama kalinya mencetak gol secara berturut-turut sejak November 2019. Dua tembakan pertamanya merupakan keterlibatan dia yang pertama atas terciptanya gol dalam penampilan ke-10 melawan Man United di Premier League. 

- Zaha menjadi pemain pertama yang mencetak dua gol di Premier League melawan Manchester united, setelah sebelumnya pernah bermain untuk mereka di kompetisi ini. 

- Pemain Crystal Palace Andros Townsend sudah menyamai jumlah golnya di Premier League pada musim lalu (satu gol), dengan gol pertamanya dalam 20 pertandingan sejak menjebol gawang Norwich City pada September 2019.

- Kiper Manchester United David de Gea gagal melakukan satu pun penyelamatan dari 18 penalti yang dia hadapi di Premier League. Dia terakhir kali bisa melakukannya saat menggagalkan tembakan penalti Leighton Baines (Everton) pada Oktober 2014. 

- Van de Beek menjadi pemain ke-20 yang mencetak gol di penampilan debutnya untuk Manchester United di Premier League. Van de Beek menjadi pemain ke-10 yang melakukannya sebagai seorang pemain pengganti.(det/ab)