Fakta Masalah Malaria di Indonesia Semakin Menurun

By Admin


nusakini.com - Keberhasilan upaya pengendalian Malaria di Indonesia ditandai dengan menurunnya angka kejadian Malaria atau annual parasite incidence (API) secara nasional sampai hanya 0,85 per 1000 pada tahun 2015.

Demikian pernyataan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P0 Kementerian Kesehatan RI, yang dibacakan oleh Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI, dr. Desak Made Wismarini, MKM, saat membuka seminar Tatalaksana Kasus Malaria Terkini dalam rangkaian peringatan Hari Malaria ke-9 tahun 2016 di Jakarta, Sabtu pagi (30/4/2016). 

Selain itu, Desak membacakan, lebih dari 80% Kabupaten/Kota di wilayah Jawa, Bali, dan Sumatera Barat telah mencapai Eliminasi Malaria. Artinya, sekitar 74% penduduk Indonesia telah hidup di daerah Bebas Penularan Malaria. 

Untuk makin menurunkan angka kejadian Malaria, Pemerintah mengupayakan agar seluruh rumah tangga di daerah endemis Malaria mendapatkan kelambu anti nyamuk dan memanfaatkannya dengan baik untuk mencegah Malaria. Sampai dengan 2015, cakupan penduduk berisiko tinggi Malaria yang mendapat perlindungan kelambu anti nyamuk di daerah endemis tinggi telah mencapai 87%. 

Lanjut Desak Made membacakan, Malaria masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di tingkat global, demikian pula di Indonesia. Namun saat ini, permasalahan Malaria di Indonesia cenderung semakin menurun. Pada tahun 2010, di Indonesia terdapat 465.764 kasus positif malaria dan angka ini telah menurun pada tahun 2015 menjadi 209.413 kasus.(if/mk)