Era MEA, Pemerintah Terus Dorong Pendidikan Vokasi

By Admin

nusakini.com--Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan pendidikan yang bisa melahirkan generasi unggul. Tidak hanya berprestasi dalam dunia akademik namun juga kompeten dan mempunyai keahlian sesuai dengan jurusannya. 

“Kemnaker sangat mendukung bila LP3I punya gagasan untuk mengggenjot pendidikan vokasi. Tau kenapa, karena itu sangat sejalan dengan cita-cita pemerintah dalam meningkatkan skill tenaga kerja kita,“LP3I kata Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) 2016 di Gedung Serba Guna Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin, (8/8). 

Rakernas yang mengusung tema “Revitalisasi Kualitas LP3I Menuju Pendidikan Vokasi di Masyarakat Ekonomi ASEAN”. 

Dalam kesempatan itu, Menaker mengungkapkan, LP3I merupakan salah satu institusi pendidikan vokasi yang selama ini telah berkontribusi dalam upaya untuk peningkatkan tenaga kerja Indonesia. Untuk itu, Kemnaker mendukung LP3I untuk meningkatkan percepatan kualitas SDM Indonesia menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). 

"Keadaan ini mendorong pemerintah untuk mengenjot pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi dalam rangka kebutuhan akses kepada mereka- mereka yang lulusan SD dan SMP untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi agar bisa bekerja di industri atau masuk di industri dalam menghadapi persaingan bebas ini," kata Hanif. 

Dia menjelaskan, terkait kesiapan tenaga kerja Indonesia saat ini, siap atau tidak siap harus siap. Oleh karena itu, semua pihak harus bekerja untuk memastikan SDM Indonesia siap dan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja saat ini. 

Sementara itu, Presiden Director LP3I, Adriza mengatakan, pelaksanaan rakernas LP3I untuk memperkuat dan meningkatkan standar pendidikan LP3I setiap tahunnya. Saat ini dalam era MEA yang membutuhkan tenaga-tenaga terampil dan penuh kompetensi tentunya LP3I siap dalam bersiang menghadapi MEA. 

Dia menuturkan, LP3I siap mencetak SDM yang memiliki keterampilan, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. "Pada rakernas ini kami menekankan pada revitalisasi pendidikan LP3I menjadi pendidikan yang berkualitas dan vokasi yang memiliki kompetensi," ujar dia.(p/ab)