Enam Taekwondoin MTs Negeri 31 Jakarta Raih Kejuaraan Internasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Siswa madrasah kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini, enam taekwondoin asal Madrasah Tsanawiyah Negeri 31 Jakarta berhasil meraih satu medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu dalam The Heroes Taekwondo Virtual International Championship yang digelar pada 8-9 Agustus lalu.  

Adalah Faqih Al-Savero siswa kelas VIII MTs N 31 Jakarta yang berhasil merebut medali emas. Sementara tiga rekannya yang lain, Muhammad Zidan Rinov siswa kelas VIII, serta Ayyasha Alifha dan Ammidah Ayu siswa kelas IX berhasil meraih medali perak. Sementara, medali perunggu berhasil diraih oleh Nadya Azzahra dan Sabrina yang saat ini masih duduk di bangku kelas VIII di MTs N 31 Jakarta. Kompetisi yang digelar secara virtual ini diikuti oleh 362 atlet dari 38 negara.  

“Alhamdulillah, puji syukur saya ucapkan. Karena siswa siswi kami selalu dapat menorehkan hasil dan prestasi baik, di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Kepala MTs N 31 Jakarta, Zainul Ma’arif, di Jakarta, Kamis (13/08).  

Sebelumnya, sembilan siswa-siswi MTs N 31 Jakarta juga berhasil menjuarai olimpiade sains nasional. “Alhamdulillah, ternyata tidak hanya di bidang sains, kali ini siswa kami juga berhasil menjuarai taekwondo yang merupakan salah satu ekskul di sekolah kami. Ini luar biasa, karena siswa dan siswi kami mampu bersaing di ajang Internasional,” kata Zainul.  

Kompetisi yang biasanya dilakukan secara fisik, menurut Zainul saat ini hanya dapat dilakukan secara virtual. "Di tengah pandemi ini, Perhelatan The Heroes Taekwondo yang digelar secara Virtual International Championship tanggal 8-9 Agustus 2020, Alhamdulillah banyak peserta dari luar negeri yang mengikuti perhelatan ajang Internasional ini,” tuturnya.  

Mts Negeri 31 Jakarta merupakan salah satu madrasah di Jakarta yang memiliki dua program pembelajaran, yakni program kelar reguler dan kelas Islamic Boarding School (IBS). Zainul menuturkan keberhasilan-keberhasilan yang bisa diraih oleh MTs Negeri 31 Jakarta tidak terlepas dari kerja sama dan peran serta aktif Komite Madrasah dan orang tua.  

“Prestasi taekwondo ini salah satu hasil support dari orang tua, alumni, dan para stakeholder lainnya untuk saling bersinergi,” ungkap Zainul.  

Hal ini dibenarkan oleh pendamping ekskul taekwondo MTs N 31 Uum Mukaromah. Ia menuturkan keterlibatannya dengan ekskul taekwondo dimulai ketika sang putra Indra Wahyu Ramadhan yang juga merupakan atlit taekwondo menjalani pendidikan di MTs N 31 Jakarta.

“Kebetulan saat masuk MTs N 31, anak saya Indra, sudah mempunyai prestasi taekwondo. Namun kemudian, di sini belum ada tempat untuk menuangkan prestasi. Maka tercetuslah ide untuk membentuk ekskul Taekwondo di MTs N 31,” kisah Uum.

“Alhamdulillah tahun 2017 ekskul taekwondo disetujui dan menjadi salah satu ekskul mandiri,” imbuhnya.  

Sejak berdirinya ekskul taekwondo, berbagai prestasi nasional maupun internasional pun ditorehkan. “Kami berharap, ke depan makin banyak prestasi yang dapat ditorehkan. Jika Allah perkenankan, semoga dapat mencetak atlit Pelatnas yang bisa mewakili Indonesia di kancah dunia,” kata Uum yang juga cukup aktif mendampingi Indra yang saat ini menjadi pelatih tim taekwondo MTs N 31 Jakarta. (p/ab)