Empat Gol Terjadi, PSM Makassar Tumbangkan Persebaya Surabaya

By ommed


nusakini.com - Persebaya mengawali pertandingan dengan baik, sebagaimana mereka mampu mencetak gol pembuka pada laga ini melalui tendangan jarak dekat Jose Wilkson. Gol tersebut terjadi pada menit ke-20.

Barisan belakang PSM tidak bisa menghalau bola liar yang mampir ke daerah pertahanan mereka. Syaiful Syamsuddin coba maju untuk menyapu bola, tapi kalah cepat dari Wllkson, sehingga gol pun terjadi.

Keunggulan Persebaya hanya bertahan sepuluh menit, setelah wasit menunjuk titik putih karena Wiljan Pluim dilanggar oleh Arif Satria. Anco Jansen menjadi eksekutor, dan dengan tenang menjaringkan bola ke gawang.


Permainan Persebaya seakan hancur setelah PSM mampu mencetak gol, hingga gol kedua dari Juku Eja dapat tercipta pada menit 37'. Lagi-lagi seorang Anco Jansen mencatatkan namanya di papan skor, kali ini lewat tendangan bebas.

Semenit berselang, PSM kembali mencetak gol. Ilham Udin membuat lini belakang Persebaya kocar-kacir, hingga bola yang ia tendang mampir ke kaki Yakob Sayuri, dan dengan mudah bola tersebut dikirimkan ke dalam gawang.

Babak pertama menjadi milik PSM, dan Persebaya berusaha memperbaiki keadaan pada paruh kedua. Aji Santoso melakukan pergantian sebelum laga dimulai, dengan menarik Samsul Arif, untuk digantikan Akbar Firmansyah.


Persebaya memang coba lebih agresif dalam menekan pada babak kedua, tapi PSM masih terlihat lebih baik. Lini tengah hingga belakang Persebaya tidak bisa berbuat banyak, sementara PSM nampak percaya diri dan tenang.

Menit ke-71, permainan cantik diperlihatkan oleh PSM hingga melahirkan peluang tendangan jarak jauh dari Sutanto Tan. Tapi tendangan spekulatif dari eks PSIM Jogja tersebut bisa ditepis dengan baik oleh Ernando Ari.

Terus berusaha untuk mencari gol tambahan, Persebaya malah kelihatan frustrasi karena permainan PSM begitu terjaga. Milomir Seslija tiada henti berpikir di tepi lapangan, meski PSM bisa dalam kondisi aman memimpin.

Wasit sempat memberikan kartu kuning kepada Milo, terlihat pelatih asal Bosnia-Herzegovina itu tak memprotes kartu kuning yang ia terima. Hingga pertandingan selesai, kemenangan 3-1 untuk PSM tetap terjaga.