Ecorun Pertamina 2021: 3000 Runnergizers Siap Sebarkan Energi Sehat Untuk Bumi

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Antusiasme tinggi ditunjukkan para penggiat olahraga lari (Runner) yang ingin berpartisipasi dalam Pertamina Eco Run 2021. Target kuota sebanyak 3000 peserta telah terpenuhi sehingga pendaftaran ditutup pada 23 November 2021.

Selanjutnya 3000 peserta yang sudah terdaftar, bersiap memenuhi Challenges Multiple Run dengan berlari sepanjang 10 kilometer (km) atau 10K secara individu.

Sesuai dengan ketentuan, setiap Runner harus melalui tantangan Multiple Run dengan berlari secara individu selama periode 27 November - 9 Desember 2021 atau 13 hari hingga memenuhi target minimal 10K berlari dan diperbolehkan lebih. Kemudian peserta melaporkan hasilnya secara virtual dengan menggunakan aplikasi pencatatan Pertamina Eco Run untuk mendukung ketepatan jarak dan waktu berlari.

"Antusiasme yang luar biasa dari Runners untuk mengikuti Pertamina Eco Run 2021 ini terbukti dengan telah terpenuhinya kuota lebih cepat dari batas pendaftaran yang dijadwalkan hingga tanggal 26 November 2021," ujar Fajriyah Usman VP Corporate Communication Pertamina.

Setelah peserta menuntaskan tantangan lari 10K dalam MultipleRun Challenges secara individu, mereka akan berlari 5K Real-Time Run pada waktu yang sama namun di tempat mereka masing-masing yakni pada Minggu, 12 Desember 2021 mulai pukul 05.30 hingga 09.00 WIB.

Pertamina Eco Run merupakan ajang lari tahunan, dan telah memasuki tahun ke 8 dalam rangka memperingati HUT Pertamina ke 64. Seluruh peserta Pertamina Eco Run 2021, melakukan pendaftaran dengan menukar 640 point melalui aplikasi My Pertamina.

Dengan mengikuti Pertamina Eco Run, Peserta akan mendapatkan race pack berisi Jersey & Masker dan medali secara gratis dengan hanya tukarkan poin di aplikasi MyPertamina. Selain itu peserta juga berkesempatan untuk mendapat doorprize menarik di antaranya E-bike, Sepeda Lipat, dan Handphone.

Lebih lanjut Fajriyah menjelaskan, tidak hanya untuk memperingati HUT Pertamina saja, namun Pertamina Eco Rundikenal sebagai ajang berlari yang mengajak para pesertanya turut berperan serta untuk peduli lingkungan. Dengan tema “Runfor The Earth” para Runnergizers atau sebutan untuk Sobat Pertamina dalam Pertamina Eco Run 2021 akan memberikan energi sehat melalui berlari yang tidak saja sehat bagi tubuh, tapi juga menjadi energi sehat untuk bumi.

Atlet lari Nasional peraih 3 medali emas Pekan Olahraga Nasional Odekta Naibaho yang juga mendukung pelaksanaan Pertamina Eco Run 2021 berbagi tips sebelum memulai berlari agar peserta aman dan dapat menyelesaikan target berlarinya.

“Tips untuk berlari, istirahat yang cukup, hidrasi tubuh yang cukup, makan yang bergizi” ujar Odekta.

Lebih lanjut Odekta juga menjelaskan sebelum berlari agar melakukan pemanasan mulai dari jogging hingga lari-lari kecil. Saat berlari, agar dilakukan sesesuai kemampuan dengan menggunakan kecepatan atau pace masing-masing.

“Selama berlari harus memperhatikan hidrasi tubuh kita dan kemampuan tubuh agar dapat menyelesaikan periode lari yang diikuti. Setelah berlari jangan lupa untuk senam atau peregangan supaya otot-otot tidak kaku, dan terakhir jangan lupa untuk mengganti pakaian supaya tidak masuk angin” pungkas Odekta.(rls)