Dukung DBON, Wali Kota Surakarta Gibran Siap Ikut Arahan Menpora Amali

By Abdi Satria


nusakini.com-Surakarta-Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali atas arahan-arahannya dalam memajukan olahraga khususnya di Surakarta. Gibran menegaskan mendukung penuh kebijakan Menpora termasuk Desain Besain Olahraga Nasional (DBON).

“Terimakasih arahannya tadi. Kita mendukung penuh arahan-arahan dari pak menteri, semua programnya, Solo siap menjaid salah satu destinasi untuk wisata olahraga atau sport tourism, karena Solo ini kota kecil tapi kota yang sangat lengkap untuk olahraga,” ujar Gibran usai melakukan sosialisasi Perpres Nomor 86 Tahun 2021 di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Minggu (28/11).

Salah satu wujud dukungan tersebut, Gibran memulainya dari lingkuangan keluarganya sendiri yakni anaknya yang masih berusia lima tahun diikutkan dalam kompetisi olahraga Taekwondo.

“Kalau dari diri saya sendiri, dari pribadi saya, saya mulai keluarga kecil saya, anak saya lima tahun sudah saya ikutkan kompetisi Taekwondo, Januari ada lagi kompetisinya. Jadi di usia sekecil mungkin saya ikutkan,” katanya.

“Terus ini juga dari teman-teman PWI, media mau bikin turnamen sepakbola untuk para teman media seluruh Indonesia dan Solo dijadikan tuan rumah,” ucapnya.

Sementara itu, Menpora Amali sebelumnya meminta kepada para kepala daerah baik itu Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk ikut mensosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), terutama di masing-masing internal jajarannya.

“Kita baru saja melakukan pembukaan sosialisasi Perpres nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. Kita harapkan peserta yang terdiri dari teman-teman dari Provinsi, Kabupaten, Kota yang hadir bisa segera mengetahui tentang Perpres 86 dan bisa mensosialisasikan di lingkungan internalnya dulu. Ini kita masih dalam rangka mensosialisasikan kebijakan, kita belum bicara tentang implementasi,” kata Menpora Amali.

Menpora Amali menjelaskan, untuk tingkat pusat DBON ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin, sementara Menpora sebagai pelaksana harian. “Untuk tingkat provinsi itu ketuanya Gubernur, kabupaten Bupati dan kota termasuk Surakarta langsung dipimpin oleh Wali Kota,” jelasnya.

Selain bekerjasama dengan perguruan tinggi, Menpora Amali juga mengungkapka pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam melakukan sosialisasi DBON.

“Karena kita mengejar waktu, target kita jelas, Olimpiade dan Paralimpiade, Olimpiade Paris 2024 sudah sangat dekat. Jangan dianggap itu masih jauh, maka target harus tercapai, sehingga persiapan-persiapan kita disana harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Joni Hari Sumantri, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Jamal Wiwoho dan sejumlah stakeholder olahraga.(rls)